Rajin Olahraga Bisa Kurangi Risiko Tujuh Jenis Kanker Ini

- Selasa, 7 Januari 2020 | 16:01 WIB
Ilustrasi/Unsplash
Ilustrasi/Unsplash

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin berolahraga bisa mengurangi risiko terkena kanker. Peneltian yang dilakukan dari National Cancer Institute AS ini melibatkan lebih dari 750.000 pria dan wanita.

Hasilnya, rutin olahraga bisa mengurangi risiko kanker yang signifikan untuk payudara, usus besar, endometrium, ginjal, hati, myeloma dan limfoma non-Hodgkin.

Dilansir Webmd, pedoman di AS merekomendasikan olahraga moderat tiga hingga lima jam per pekan untuk orang dewasa, atau olahraga berat satu hingga tiga jam setiap minggunya. Makin rajin seseorang melakukan olahraga, maka makin kecil pula risiko terkena kanker.

-
Ilustrasi/Unsplash

Risiko kanker usus besar pada pria berkurang antara 8 persen untuk olahraga sedang dan 14 persen untuk olahraga berat.

Sementara itu, Untuk kanker payudara wanita, pengurangannya berkisar dari 6 persen untuk olahraga sedang hingga 10 persen untuk olahraga berat. Kemudian, untuk kanker endometrium, dari 10 persen hingga 18 persen.

Kanker ginjal, 11 persen hingga 17 persen, myeloma 14 persen hingga 19 persen, kanker hati 18 persen hingga 27 persen, dan selanjutnya limfoma non-Hodgkin pada wanita yaitu 11 persen hingga 18 persen.

Namun, menurut direktur penelitian epidemiologi senior American Cancer Society, Alpa Patel, studi itu tak membuktikan bahwa olahraga mengurangi risiko kanker.

-
Ilustrasi/Unsplash

Matthews mengungkapkan, bagaimanapun juga hasil riset tersebut menunjukkan bahwa dokter dan pakar kebugaran untuk mendorong orang dewasa berolahraga di level yang disarankan, untuk mengurangi risiko kanker.

"Hal umum yang kita tahu dari olahraga adalah itu penting untuk mengatur insulin, hormon seks seperti estrogen, punya dampak penting pada peradangan dan respons imun - atau semua faktor yang berbeda dapat mempengaruhi berbagai jenis kanker," ujar Matthews.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X