Kemensos Perkuat Tagana Bikin Manajemen Bencana Berbasis Komunitas

- Minggu, 29 September 2019 | 10:53 WIB
Apel Tarunan Siaga Bencana (Kemensos)
Apel Tarunan Siaga Bencana (Kemensos)

Ribuan relawan kemanusiaan yang tergabung dalam Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Indonesia, melakukan Apel Siaga Bencana di Lautan Pasir Taman Nasional Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (28/9).

Dalam Apal siaga tersebut, pemerintah Jawa Timur, memasukan seluruh wilayah wisata alam ini, menjadi bagian dari Kawasan Siaga Bencana (KSB) Tengger Bromo Semeru yang difasilititasi oleh Tagana di Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat mengatakan, KSB merupakan wadah formal penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang berada di kecamatan dan dijadikan kawasan atau tempat untuk program penanggulangan bencana. 

Sasaran KSB, lanjutnya, adalah kawasan dari sejumlah desa/kelurahan yang teridentifikasi memiliki risiko bencana. Pihaknyak akan mengerahkan Tagana yang langsung berperan dalam memfasilitasi masyarakat dalam menyusun rencana kerja KSB.

Selain itu, fungsi Tagana adalah menyebarluaskan informasi penanggulangan bencana kepada masyarakat, memberikan keterampilan-keterampilan praktis penangulangan bencana kepada masyarakat, membantu masyarakat dalam menyusun peta resiko bencana. 

"Masyarakat adalah pihak pertama yang langsung berhadapan dengan ancaman bencana, karenanya melalui KSB dan Tagana, membangun community based disaster management atau manajemen bencana berbasis komunitas," ujarnya.

Apel para relawan bencana ini, dipimpin oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa diikuti 2.000 orang terdiri dari perwakilan Tagana Indonesia dari 34 provinsi.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X