Deretan Modus Pemudik yang Nekat Pulang Kampung di Tengah Masa PSBB

- Kamis, 30 April 2020 | 14:55 WIB
Petugas Direktorat Lalu Lintas memergoki pemudik yang mengelabui petugas dengan bersembunyi di dalam toilet bus. (ANTARA/Polda Metro Jaya)
Petugas Direktorat Lalu Lintas memergoki pemudik yang mengelabui petugas dengan bersembunyi di dalam toilet bus. (ANTARA/Polda Metro Jaya)

Wabah virus corona atau Covid-19 yang melanda Indonesia telah mengubah kebiasaan masyarakat. Apalagi, wabah ini datang bertepatan dengan bulan Ramadan hingga Idul Fitri 2020.

Kebijakan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah agar penyebaran virus dapat berkurang, tampaknya tidak membuat semua warga mematuhinya. Alhasil, peraturan larangan mudik dari pemerintah banyak diabaikan warga yang tetap ingin mudik.

Dengan berbagai cara, para pemudik tersebut nekat untuk pulang kampung. Berikut deretan modus yang dilakukan para pemudik agar bisa melewati penjagaan petugas yang dirangkum Indozone dari beberapa sumber.

  1. Sembunyi di Toilet Bus
    -
    Ilustrasi Toilet. (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)
    Tidak semua bus antar kota antar provinsi ternyata berhenti beroperasi selama PSBB. Beberapa pemudik kedapatan bersembunyi di dalam bus dengan cara mematikan lampu kabin. Bahkan beberapa bersembunyi di toilet bus.
     
  2. Sembunyi di Bagasi Bus
    -
    Pemudik Sembunyi di Bagasi Bus. (Foto: Twitter @Rommy)


    Sama halnya dengan sembunyi di toilet bus, sembunyi di bagasi bus juga sempat dilakukan para pemudik. Bahkan cara tersebut sempat viral di media sosial.
     
  3. Mudik Cara Estafet
    -
    Ilustrasi pemudik. (Foto: ANTARA/Novrian Arbi)


    Ada juga cara mudik dengan cara estafet. Agar lolos dari penyekatan arus lalu lintas yang dilakukan petugas, para pemudik ini tidak menggunakan alat transportasi jarak jauh. Mereka menggunakan kendaraan kecil dengan jarak dekat dan berkesinambungan, sehingga dianggap warga sekitar yang melintas.
     
  4. Angkut Motor dan Mobil Pribadi Pemudik dengan Truk
    -
    Mobil diangkut ke bak truk. (Foto: Twitter @nurjamanjeje)


    Cara lain digunakan para pemudik ini dengan menggunakan jasa truk bahkan kontainer. Sehingga banyak pemudik yang mengangkut kendaraan pribadinya seperti mobil dan motor ke atas truk.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X