Ini Pengobatan Tradisional China yang Dianggap Efektif Obati Pasien Corona

- Jumat, 24 April 2020 | 10:07 WIB
Petugas medis bekerja di sebuah apotek obat tradisional China di Kota Weinan, Provinsi Shaanxi, China barat laut, pada 20 Februari 2020. (Xinhua/Tao Ming)
Petugas medis bekerja di sebuah apotek obat tradisional China di Kota Weinan, Provinsi Shaanxi, China barat laut, pada 20 Februari 2020. (Xinhua/Tao Ming)

Ahli medis China menyatakan, pengobatan tradisional China (traditional Chinese medicine/TCM) berperan efektif dalam mengobati pasien virus corona (Covid-19) di Wuhan. 

Gelombang pertama dokter TCM yang dikirim ke Wuhan untuk memberikan bantuan menggabungkan TCM dan obat-obatan Barat untuk menyembuhkan 132 pasien virus corona

"Ternyata berhasil mengurangi tingkat kematian dan penggunaan pengobatan hormon dibandingkan dengan bangsal lain," kata Qi Wensheng, seorang dokter di Rumah Sakit (RS) Guang'anmen di Beijing yang berada di bawah naungan Akademi Ilmu Kedokteran China, dalam konferensi pers dikutip Antara, Jumat (24/4/2020).

Qi menjelaskan, sejumlah pasien yang dirawat di Rumah Sakit Jinyintan, Wuhan secara sukarela meminta perawatan TCM setelah terbiasa menggunakannya.

"TCM memiliki penekanan yang berbeda untuk pengobatan pasien Covid-19 pada tahap awal, menengah, dan akhir. Diferensiasi sindromnya menuntut penyesuaian pengobatan seiring dengan perubahan kondisi pasien," ujar Qi.

Dia juga menambahkan, sangat penting mengatur emosi dan menghindari emosi negatif seperti kegelisahan dan kegugupan bagi orang yang sehat, karena fluktuasi pada kondisi mental dapat mempengaruhi imunitas.

"Selain itu, pola makan yang seimbang juga penting," ujar Qi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X