Singapura Ucapkan Terima Kasih Pada Indonesia Karena Tak Ada Asap Lintas Batas

- Kamis, 2 Mei 2019 | 21:19 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)
(photo/ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Menteri Lingkungan Hidup & Sumber Air Singapura Masagos Zulkifli menyampaikan rasa terima kasih pada Indonesia, lantaran beberapa tahun ini' ASEAN bebas dari polusi asap lintas batas.

“Berkenaan dengan polusi asap lintas batas, ASEAN telah menikmati langit yang bersih dalam beberapa tahun terakhir berkat kepemimpinan dan upaya yang kuat Presiden Jokowi dan Menteri (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Siti Nurbaya. Singapura dan negara-negara ASEAN lainnya menghargai upaya ini,” kata Masagos dalam The 6th Singapore Dialogue on Sustainable World Resources di Singapura, Kamis.

Meski bebas dari asap, dia mengimbau agar ASEAN tetap waspada. Diketahui telah terjadi kebakaran hutan di sebelah utara kawasan Asia Tenggara dan menunjukkan cuaca yang lebih hangat dan lebih kering ke depan.

Ketua Singapore Institute of International Affairs (SIIA) Simon Tay sebelumnya mengatakan El Nino diperkirakan akan mulai terjadi di perempat kedua 2019.]

Akan tetapi dirinya tidak akan ada kabut asap seperti yang pernah terjadi pada tahun 1997 dan 2015.

Dalam tiga tahun terakhir Singapura menikmati langit biru. Kepemimpinan Presiden Joko Widodo, keterlibatan sektor swasta, peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) hingga masyarakat menjadi kunci utama.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X