Penunjukkan Dirut Baru Transjakarta Bermasalah, Ini Nasihat Ombudsman

- Senin, 27 Januari 2020 | 14:29 WIB
Penunjukkan Direktur Utama PT Transjakarta yang baru menyimpan masalah. (Instagram/@pt_transjakarta)
Penunjukkan Direktur Utama PT Transjakarta yang baru menyimpan masalah. (Instagram/@pt_transjakarta)

Penunjukkan Direktur Utama baru PT Transjakarta, Donny Andy Saragih, memunculkan polemik. Diduga telah terjadi maladministrasi dalam keputusan ini. 

Bahkan, Ombudsman Perwakilan DKI Jakarta mengklaim telah menemukan dokumen yang menguatkan dugaan ini. Mereka juga mendapat laporan jika Donny merupakan terpidana kasus penipuan. 

Kepala Ombudsman Perwakilan DKI Jakarta, Teguh Nugroho mengungkapkan, sangat perlu dan penting memperhatikan latar belakang calon pejabat publik sebelum diangkat. Hal ini dinilainya merupakan syarat yang sangat mendasar. 

"Penting untuk menghindari konflik kepentingan," kata Teguh kepada Indozone, Jakarta, Senin (27/1/2020). 

Menurut Teguh, langkah ini juga bertujuan untuk menghindarkan adanya pelanggaran aturan. Salah satunya maladministrasi dalam tata kelola dalam perusahaan milik pemerintah, baik BUMN maupun BUMD. 

"(Harus) mengambil orang yang teruji kredibelitas dan kompetensinya," bebernya. 

Diberitakan, Ombudsman masih bekerja untuk mendalami informasi atau fakta-fakta terkait polemik penunjukkan Dirut Transjakarta.

Setelah itu, akan dilakukan proses lanjutan untuk membuktikannya. Termasuk memangil pihak-pihak terkait untuk mengonfirmasi temuan tersebut.  

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X