Jelang Natal, Anies Jamin Harga Pangan Tetap Bersahabat

- Jumat, 20 Desember 2019 | 14:06 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Antara/Suwandy)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Antara/Suwandy)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memastikan harga pangan tetap 'bersahabat' jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 di Ibu Kota. Hal tersebut dikarenakan tidak ada kelangkaan komoditas sembilan bahan pokok (sembako).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah dari jauh hari memantau perkembangan pangan di Ibu Kota. Tujuannya untuk menjamin ketersedian stok pangan agar harga tidak meroket. 

Anies pun tidak perlu membuat langkah khusus karena stok pangan yang melimpah. Namun, dia bakal tetap memerintahkan jajarannya memantau agar perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 tetap berjalan lancar. 

"Ketika pasarnya bisa berfungsi dengan baik, intervensi pemerintah itu mengantisipasi potensi gejolak, maka kita tidak perlu melakukan langkah-langkah yang khusus. Jadi ketika ditanya kapan pemerintah melakukan monitoring atas pasar, ya setiap saat, sepanjang tahun," ujar Anies. 

Berdasarkan data Pemprov DKI, ketersediaan pangan, misalnya untuk komoditi beras mencapai 466.902 ton. Adapun kebutuhannya hanya 83.191 ton untuk Natal dan Tahun Baru 2020. 

Kemudian kebutuhan gula mencapai 6.997 ton dengan stok 10.581 ton. Lalu komoditi daging sapi diperlukan 6.916 ton. Pemprov DKI pun menyediakan stok sebesar 13.546 ton.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X