Kebakaran Hutan Gunung Ciremai, Jalur Pendakian Ditutup

- Kamis, 8 Agustus 2019 | 11:10 WIB
Ilustrasi/ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Ilustrasi/ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Terjadi kebakaran di Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan dan Majalengka, Jawa Barat, pada Rabu (7/8/2019) sekitar pukul 13.00 WIB.

Titik kebakaran yang berada di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) membuat seluruh jalur pendakian untuk sementara ditutup.

"Seluruh jalur pendakian, baik dari Linggarjati, Palutungan, maupun Majalengka sementara ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kuswandono, dalam pesan tertulis, Rabu (7/8/2019).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin mengatakan kebakaran terjadi di Blok Gua Walet Puncak Gunung Ciremai, koordinat 6°54'2.63" S 108°23'42.93" T.

Hingga tengah malam api masih menyala menyebar ke arah atas dan angin bertiup ke arah selatan dan belum dapat dipadamkan.

Menurutnya, penambahan personel pemadaman akan dilakukan pada Kamis (8/8/2019). "Personel pemadaman akan diberangkatkan dari Pos Apuy," katanya.

Tim gabungan dari Balai TNGC, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majalengka, warga, dan Mitra Pendakian Gunung Ciremai (MPGC) Apuy dikerahkan untuk mengevakuasi para pendaki.

Menurut data BPBD Kabupaten Kuningan, pendaki yang masih berada di jalur pendakian jumlahnya 61 orang dengan perincian 25 orang di jalur pendakian Apuy, 31 orang di jalur pendakian Palutungan, dan lima orang di jalur pendakian Linggarjati.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X