Darurat Asap, Mahasiswa Nilai Gubernur Riau Lamban

- Senin, 16 September 2019 | 12:22 WIB
Ratusan mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim berunjuk rasa dengan membakar ban di depan gerbang Kantor Gubernur Riau di Pekanbaru. (Antara/FB Anggoro)
Ratusan mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim berunjuk rasa dengan membakar ban di depan gerbang Kantor Gubernur Riau di Pekanbaru. (Antara/FB Anggoro)

Ratusan mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim berunjuk rasa dengan membakar ban di depan gerbang Kantor Gubernur Riau di Pekanbaru, pada Senin (16/9).

Aksi tersebut digelar sebagai bentuk protes kelambanan pemerintah setempat dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi serta dampaknya.

"Gubernur enggak serius karena ketika masyarakat Riau mulai kena ISPA karena kabut asap, dia malah sempat ke luar negeri, katanya untuk urusan bersama rombongan menteri ke Thailand. Padahal, acara itu dia bisa diwakilkan. Setelah didemo, baru sibuk rapat," kata Ikhwansyah, selaku koordinator aksi dari Aliansi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Ia menilai, Gubernur Riau Syamsuar, selaku Komandan Satgas Karhutla Riau lamban memprediksi cuaca yang bisa memperparah kondisi karhutla dan kabut asap.

"Harusnya pendirian posko dan operasi hujan buatan sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu" katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo pekan lalu mengungkapkan, laporan dari petugas di lapangan bahwa pejabat daerah kurang peduli dengan karhutla yang terjadi di wilayahnya.

"Ada keluhan dari unsur TNI-Polri. karena ada kurang kepedulian dari pejabat daerah. Saya tidak menyinggung siapa, tidak mungkin, tapi rata-rata pejabat atau pemimpin setingkat kabupaten-kota," kata Doni, di gedung Graha BNPB Jakarta, Sabtu (14/9).

Doni menyebut laporan tersebut berasal dari unsur komandan TNI-Polri yang bertugas di wilayah kebakaran hutan dan lahan.

"Bahkan saat ada undangan rapat tidak pernah hadir. Padahal penyebab kebakaran hutan 99 persen karena ulah manusia," tegas Doni.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X