Masih Ada Masalah, Kereta Bandara Solo Beroperasi Oktober

- Minggu, 8 September 2019 | 10:03 WIB
Petugas beraktivitas saat peresmian Ruang Tunggu Kereta Api Bandara Adi Sumarmo di Stasiun Balapan Solo, Jawa Tengah, Kamis (29/8/2019). ( ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww).
Petugas beraktivitas saat peresmian Ruang Tunggu Kereta Api Bandara Adi Sumarmo di Stasiun Balapan Solo, Jawa Tengah, Kamis (29/8/2019). ( ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww).

Kereta Bandara Solo dengan rute Stasiun Solo Balapan – Bandara Adi Soemarmo, akan segera beroperasi pada Oktober mendatang. Sampai saat ini, progres pembangunannya sudah mencapai 96 persen, atau tinggal satu titik lahan yang masih bermasalah.

"Tinggal satu titik saja. Kita konsinyasi tanahnya, langsung konstruksi tidak sampai satu bulan kemudian sudah bisa beroperasi," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selain menghubungkan dari Stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo, pihaknya berencana menghubungkan Stasiun Solo ke Jogja. Kereta Bandara dari Stasiun Solo Balapan menuju Bandara Adi Soemarmo nantinya, akan menempuh waktu tempuh selama 20 menit dengan total panjang jalur yaitu 12,97 kilometer.

Rencananya, kereta bandara akan menggunakan 1 train set dan melakukan perjalanan sebanyak 32 trip dalam perhari dengan headway rata-rata 63 menit. Kecepatan kereta akan berkisar dari 75 km/jam – 80 km/jam.

Ia menegaskan, kereta Bandara Adi Soemarmo merupakan salah satu bentuk dukungan dari Kementerian Perhubungan guna mendorong sektor pariwisata pada kawasan Joglosemar (Jogja Solo Semarang).

“Kita ingin ekonomi negara mengalami suatu pertumbuhan, dengan itu harus ada suatu investasi. Investasi yang bagus itu salah satunya di pariwisata," ungkapnya.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X