Pesan Presiden Jokowi ke Erick Thohir dan Heru Budi: Cari Solusi Tata Ulang Depo Plumpang

- Minggu, 5 Maret 2023 | 11:34 WIB
Presiden Jokowi Berikan Dua Opsi Buntut Kebakaran Depo Pertamina Plumpang (Indozone/Asep Bidin Rosidin)
Presiden Jokowi Berikan Dua Opsi Buntut Kebakaran Depo Pertamina Plumpang (Indozone/Asep Bidin Rosidin)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir dan Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, untuk segera mencari solusi pasca kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara. Dengan demikian, kejadian serupa tak terulang lagi ke depannya.

“Saya sudah perintahkan kepada Menteri BUMN dan juga Gubernur DKI untuk segera mencari solusi dari kejadian yang terjadi di Plumpang,” ujar Presiden Jokowi di RPTRA Rasela, Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara Minggu (5/3/2023).

Baca Juga: Soal Kebakaran Depo Plumpang, Kapolri Duga Ada Gangguan Teknis saat Pengisian BBM

Presiden Jokowi mengatakan, Depo Pertamina Plumpang merupakan zona berbahaya yang tidak boleh ditinggali masyarakat. Oleh karena itu, ia menyebut ada dua opsi solusi yang bisa diambil, yakni pemindahan Depo Pertamina Plumpang ke pulau reklamasi, atau warga sekitar yang direlokasi.

“Karena ini zona yang bahaya. Tidak bisa lagi ditinggali, tetapi harus ada solusinya. Bisa saja Plumpang nya digeser ke reklamasi atau penduduknya yang digeser ke relokasi,” ujarnya. 

Tak hanya di Depo Pertamina Plumpang, Presiden Jokowi memerintahkan untuk mengaudit zona-zona berbahaya yang masuk ke dalam objek vital negara. Menurutnya, hal itu akan diputuskan oleh Pertamina dan PJ Gubernur DKI.

“Semuanya memang harus zona-zona berbahaya ini tidak hanya di sini saja harus diaudit, harus dievaluasi semuanya karena menyangkut nyawa. Tadi saya sudah perintahkan semuanya,” pungkasnya.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Minta Depo Pertamina Plumpang Direlokasi Usai Kebakaran

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan tim investigasi gabungan dari Polri dan pihak terkait, untuk mendalami penyebab terjadinya kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam.

Dia mengatakan dari tinjauan dan laporan awal yang diterimanya, peristiwa kebakaran itu terjadi sekira pukul 20.00 WIB. Awalnya, kata Sigit, di lokasi itu sedang dilakukan pengisian bahan bakar minyak jenis pertamax yang dikirim dari Balongan.

-
Lokasi kebakaran Depo Pertamina Jakarta Utara dari ketinggian. (Dokumentasi Polri)

Saat pengisian, terjadi gangguan teknis yang mengakibatkan terjadinya tekanan berlebihan. Setelah itu, terjadilah kebakaran.

Meski begitu, tim investigasi gabungan masih akan terus melakukan pendalaman terkait dengan sumber api awal di lokasi kejadian.

"Tentunya untuk mencari tahu sumber api dari mana, ini sedang dilakukan pendalaman oleh tim," ujar Sigit sebagaimana dilansir Antara, Minggu (5/3/2023).

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X