Gabung Golkar, Ridwan Kamil Sebut Gen Z Butuh Narasi Konkret Bukan Pencitraan

- Rabu, 18 Januari 2023 | 21:19 WIB
Ridwan Kamil (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Ridwan Kamil (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, yang telah resmi menjadi kader Partai Golongan Karya atau Golkar, membawa misi pendidikan politik bagi Generazi Z atau Gen Z.

Pria, yang karib disapa Kang Emil itu, menyebut Gen Z membutuhkan narasi-narasi politik yang konkret, bukan hanya pencitraan atau retorika belaka.

Generasi Z, generasi muda butuh sebuah narasi-narasi yang konkret, bukan hanya pencitraan, bukan hanya retorika, tapi implementasi,” kata Ridwan Kamil di DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (18/1/2023).

-
Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Baca Juga: 4 Masjid Unik Karya Ridwan Kamil, Penuh Makna Salah Satunya Dekat Makam Eril

Menurut Ridwan Kamil, Partai Golkar memiliki banyak program yang berpihak pada Gen Z. Dia menyebut di antaranya Yellow Clinic dan Golkar Institute.

“Bagaimana di bawah Pak Airlangga, ada yellow klinik, ada Golkar institute. Bagi saya itu keren,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil mengungkapkan, bahwa partai politik (parpol) memiliki tiga fungsi. Akan tetapi, seringkali mayoritas masyarakat hanya melihat satu fungsi saja, yakni memenangkan kekuasaan.

“Bahwa partai politik itu fungsinya tiga, tapi sering kali kita hanya melihat satu fungsinya, fungsi pertama itu adalah memenangkan kekuasaan, nah mayoritas kita ada disitu, pemilu, pilkada, pilpres dan lain sebagainya,” tuturnya.

Padahal, lanjut dia, ada fungsi kedua parpol yang juga tidak kalah pentingnya, yakni memberikan edukasi demokrasi kepada masyarakat. Dia menyebut, hadirnya Golkar Institue membantu Gen Z agar lebih memahami makna demokrasi dan cakap berargumentasi politik.

“Jadi, fungsi parpol nanti disini saya akan memperkuat juga pendidikan politik ke masyarakat. Politik itu mulia, politik itu adalah kendaraan untuk membuat hidup kita lebih baik,” ujar Ridwan Kamil.

“Anda kesel kesehatan ya masuk politik supaya biar urusin soal kesehatan, anda kesel urusan pendidikan, keadilan, keberagaman ya masuk politik karena disitulah kita bisa mengurusnya,” sambungnya.

Selanjutnya, fungsi ketiga parpol, adalah pelayanan publik. Menurut Ridwan Kamil, Golkar telah hadir di tengah masyarakat melalui Golkar clinic.

“Ini keren, gak nunggu pemilu sudah hadir, nah kita akan memperbanyak itu,” tandasnya.

Ridwan Kamil mengatakan ,sebagai Gubernur Jabar, dirinya akan membawa gagasan-gagasan strategis yang diwujudkan ke dalam kerja nyata. Dia menyebut bakal banyak anak muda yang mengikuti jejaknya bergabung dengan Golkar.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X