Bebas Narkoba, Pegawai KAI Siap Berikan Pelayanan Prima

- Rabu, 28 Desember 2022 | 10:05 WIB
KAI melakukan tes kesehatan pada para pegawainya (Dok. KAI)
KAI melakukan tes kesehatan pada para pegawainya (Dok. KAI)

KAI sebagai perusahaan, yang mengutamakan keselamatan, wajib memastikan seluruh pegawai yang berdinas dalam kondisi prima, baik fisik maupun mental. Oleh sebab itu, salah satu langkah nyata yang dilakukan KAI untuk memastikan kesehatan pegawainya adalah dengan rutin melakukan medical check-up (MCU) setiap tahun yang meliputi pemeriksaan fisik hingga tes narkoba.

Tes narkoba menjadi hal yang wajib dilakukan KAI, baik yang dilakukan rutin melalui MCU maupun berupa tes acak. KAI telah bekerja sama dengan BNN Pusat RI untuk memastikan seluruh pegawai terbebas dan terhindar dari narkoba.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan MOU terkait Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika. Kerja sama ini pun ditindaklanjuti oleh setiap Daerah Operasi dan Divisi Regional dengan Perjanjian Kerja Sama masing masing BNN provinsi atau kota.

-
Ilustrasi kereta api (Dok. KAI)

Baca Juga: Akhirnya Sulsel Punya Kereta Api, Nikmati Keindahan Wisata Alam Maros dan Barru Gratis!

Selama 2021, telah dilakukan tes acak kepada 1.002 pegawai KAI. Sementara itu, pada periode Januari hingga 26 Desember 2022, telah dilakukan tes narkoba secara acak kepada 9.893 pegawai.

Jumlah ini akan terus bertambah supaya memastikan seluruh pegawai sehat dan mampu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggannya. Menurut VP Public Relations KAI Joni Martinus, minimal dilakukan dua kali tes secara acak kepada para pegawai yang bertugas dalam setahun.

"Hal itu dilakukan guna memberikan jaminan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api, seperti pada masa angkutan Nataru saat ini. Dengan begitu, kami dapat menjamin bahwa pegawai yang sedang berdinas betul-betul dalam kondisi sehat dan performa terbaiknya untuk melayani pelanggan secara langsung," ungkap Joni.

Selain melakukan tes narkotika, KAI juga rutin melakukan sosialisasi terkait NAPZA (Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Sosialisasi ini dilakukan oleh tim yang terdiri atas BNN, Direktorat Keselamatan dan Keamanan KAI, serta Unit Kesehatan KAI. Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh pegawai dengan total mencapai 1.188 pada 2022 (Januari hingga. 26 Desember 2022).

Baca Juga: Erick Thohir Beri Opsi KA Parahyangan Jadi Angkutan Barang

"KAI pun berharap kolaborasi bersama BNN ini dapat terus berlanjut agar seluruh pegawai dipastikan terbebas dari narkoba dan menjadi SDM yang berkualitas sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya," pungkas Joni.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X