Tindak Tegas, Lahan Reklamasi Ilegal Ribuan Meter di Batam Disegel!

- Jumat, 9 Juni 2023 | 14:43 WIB
Lahan reklamasi ilegal di Batam disegel. (Z Creators/Habibi)
Lahan reklamasi ilegal di Batam disegel. (Z Creators/Habibi)

Salah satu area reklamasi seluas 3.000 meter persegi berada di Kawasan Teluk Tering, Batam Centre, Kota Batam, Kepulauan Riau disegel. Penindakan ini dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI karena kegiatan-kegiatan reklamasi ilegal atau tak berizin di Kepri khususnya Kota Batam.

"Kita sudah melakukan penyegelan di beberapa tempat dan hari ini di Kawasan Teluk Tering di Kota Batam," tegas Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Kelautan dan Perikanan, saat kunjungan kerjanya di Kota Batam, Kamis (8/6/2023).

-
Lahan reklamasi ilegal di Batam disegel. (Z Creators/Habibi)

Sakti Wahyu Trenggono meminta pemilik lahan mengurus Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL) sebagai izin dasar melakukan kegiatan menetap di ruang laut, termasuk kegiatan reklamasi.

"Ini adalah satu contoh yang kami tertibkan. Ada pemiliknya di sini. Sekarang dia baru mengurus (PKKPRL). Idealnya adalah sebelum dilakukan reklamasi, pemilik harus mengurus izin. Lalu, kemudian akan dilihat apakah boleh ini dibuat untuk reklamasi," imbuhnya.

-
Lahan reklamasi ilegal di Batam disegel. (Z Creators/Habibi)

Ia mengimbau, agar pihak-pihak yang ingin melakukan reklamasi untuk mengurus perizinan lebih dulu. Prosedur tersebut untuk memastikan kegiatan yang dilakukan tidak mengancam keberlanjutan ekosistem pesisir.

"Apa yang kita lakukan ini demi kepentingan ekologi. Supaya kita tetap bis menjaga laut tetap sehat dan baik," tegas dia lagi.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono meninjau lokasi pencemaran di perairan Tanjung Bemban, Kota Batam. Di mana lokasi ini dicemari material kimia berwarna hitam yang ditemukan berceceran di pantai dan menempel di bebatuan. Diduga, material tersebut terbawa arus dari tengah lautan. 

"Ini juga salah satu konsen kami untuk menjaga ekologi laut kita supaya bersih dan baik. Untuk itu saya minta tim PSDKP untuk melakukan investigasi kapal-kapal yang melintasi perairan ini," ucapnya.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini. 

-
Z Creators

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X