Catat! Arus Lalin Naik 30%, Diperkirakan Lonjakan Pemudik Terjadi Malam Ini

- Selasa, 18 April 2023 | 13:01 WIB
Ilustrasi mudik (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)
Ilustrasi mudik (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyebut, adanya peningkatan volume kendaraan sebesar 30 persen mulai hari ini, Selasa (18/4/2023). Diperkirakan, lonjakan pemudik akan terjadi mulai malam nanti.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Jenderal Sigit menyebut, peningkatan terjadi beberapa hari terakhir.

"Jadi, kalau kita pantau dalam beberapa hari terakhir, memang mulai ada eskalasi peningkatan. Hari ini, kurang lebih meningkat 30 persen, per tadi pagi untuk yang ke arah timur," kata Jenderal Sigit kepada wartawan, Selasa (18/4/2023).

-
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Baca Juga: Polisi di Indramayu Gugur saat Amankan Mudik, Kapolri: Terima Kasih Dedikasinya!

Dia menyebut, lonjakan arus mudik itu terjadi pada wilayah mudik dengan tujuan seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga DI Yogyakarta.

Sementara itu, untuk ke arah barat yang menuju Pelabuhan Merak dan Ciwandan ke wilayah Sumatera, juga terjadi peningkatan sekitar 20 persen. Pimpinan tertinggi kepolisian itu menyebut, meningkatnya volume kendaraan karena ini merupakam hari terakhir para pekerja bekerja.

"Diperkirakan, karena memang hari ini terakhir orang masuk kerja. Ada kemungkinan nanti malam eskalasinya akan terlihat ada lonjakan," beber Sigit.

Selain itu, Jenderal Sigit menyebut, pihaknya sudah menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin) yang diterapkan pada siang nanti. Disebutnya, penerapan rekayasa lalin bakal dilakukan evaluasi.

Baca Juga: Dear Pemudik, Skema Ganjil-genap saat Mudik Bersifat Situasional

"Ini tentunya setiap hari akan kita evaluasi agar semuanya bisa berjalan dengan baik. Baik yang ada di jalur tol yang akan masuk ke tol, yang akan keluar atau yang akan masuk ke arteri," pungkas Jenderal Sigit.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X