Penjelasan Wakil Ketua KPK Johanis Tanak soal Viral Chatnya dengan Pejabat ESDM

- Kamis, 13 April 2023 | 11:01 WIB
Wakil Ketua KPK Johanis Tanak (tengah). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Wakil Ketua KPK Johanis Tanak (tengah). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johanis Tanak buka suara terkait komunikasinya dengan Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Minerba Kementerian ESDM Idris Froyoto Sihite yang viral di media sosial

Johanis mengaku bersahabat dengan Idris Sihite dan pernah sama-sama bekerja di Kejaksaan Agung. Dia membenarkan soal adanya percakapannya tersebut yang terjadi pada Oktober 2022.

“Saya bersahabat dengan beliau (Idris), saya satu kantor dengan beliau dulu. sehingga persahabatan berjalan sebagaimana semestinya,” kata Johanis kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (13/4/2023).

Baca Juga: KPK Ungkap Nilai Suap Proyek Kereta Api hingga Rp14,5 Miliar Dipakai untuk THR Lebaran

Johanis menyebut, percakapan dengan Idris terjadi sebelum memasuki usia pensiun dan juga sebelum menjabat sebagai wakil ketua KPK.

Sebelumnya, Johanis sempat menjabat Direktur Tata Usaha Negara pada Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara, dan  Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi. 

“Kemudian chatting saya dengan beliau terjadi pada Oktober 2022 sebelum saya bertugas sini dan menjelang memasuki usia pensiun,” ungkap Johanis.

“Tentunya orang usia pensiun dalam kondisi sibuk kemudian kita harus persiapkan juga. Sama kaya orang akan menikah kita persiapkan juga hal-hal yang diperlukan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Johanis mengklaim tidak ada konteks pembicaraan negatif dengan Idris. Sebab, ia mengaku memahami tentang hukum bisnis dan tertarik bergerak dalam bidang hukum bisnis. 

“Saya senang berdiskusi dengan dia. Mana tau saya ketika pensiun tadi mana beberapa bulan itu saya ada bisa melakukan kegiatan,” ujar Johanis. 

Baca Juga: KPK Bantah Kabar Firli Bahuri Bocorkan Dokumen Penyelidikan Korupsi Tukin ESDM

Meski mengaku bersahabat, Johanis baru mengetahui kalau Idris saat ini menjabat sebagai Plh Dirjen Minerba Kementerian ESDM.

“Terus terang saya berani bersumpah bahwasanya saya baru tau ketika di sini ada seperti itu bahwa loh ini orang ternyata Plh Dirjen Minerba,” tuturnya.

Menurutnya Johanis tak ada yang salah dalam percakapan dengan Idris. Pasalnya, dia belum terpilih dan belum dilantik sebagai Pimpinan KPK.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X