Ratu Elizabeth II Tutup Usia, Segini Warisan yang Ditinggalkan

- Jumat, 9 September 2022 | 11:30 WIB
Ratu Elizabeth II meninggal dunia, Kamis (8/9/2022) waktu Inggris. (REUTERS/Andrew Boyers)
Ratu Elizabeth II meninggal dunia, Kamis (8/9/2022) waktu Inggris. (REUTERS/Andrew Boyers)

Pemimpin Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun di rumahnya Kastil Balmoral, Skotlandia, Kamis (8/9/2022) waktu setempat. Bagaimana dengan warisan kekayaan yang ditinggalkan sang Ratu?

Dilansir fortune.com, Jumat (9/9/2022), Ratu Elizabeth II meninggalkan warisan lebih dari 500 juta USD (sekitar Rp7,4 triliun) aset pribadi selama 70 tahun bertahta.

Pangeran Charles tidak hanya mewarisi tahta setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth II, tetapi juga kekayaan pribad tanpa harus membayar pajak warisan.

Sebagian besar kekayaan pribadi mendiang Ratu akan jatuh ke tangan Charles secara utuh, pemerintah Inggris tidak akan mendapat bagian.

Sementara itu, kekayaan kerajaan yang meliputi tanah Crown Estate dan Koleksi Kerajaan seni dan perhiasan, ditambah tempat tinggal resmi dan Arsip Kerajaan dipegang oleh monarki sebagai sebuah institusi.

Sementara itu, The Crown Jewels, mahkota sang Ratu yang diperkirakan bernilai setidaknya 3 miliar pounds (sekitar Rp51,5 triliun) hanya milik simbolis dan otomatis diturunkan kepada penggantinya.

Baca Juga: Imbas Pesawat Latih Jatuh, Biaya Perawatan Alutsista Harus Jadi Perhatian

Menurut laporan Sunday Times, sebagai perbandingan, mendiang suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip, meninggalkan harta yang lebih sederhana yakni senilai 10 juta pounds (sekitar Rp172 miliar).

Nilai itu termasuk koleksi seni sekitar 3.000 karya, yang sebagian besar diberikan kepada keluarga dan teman.

Pengadilan setempat pada tahun 2021 memerintahkan surat wasiatnya untuk disegel selama 90 tahun.

Sebagai raja berikutnya, Charles akan mewarisi Kadipaten Lancaster, sebuah perkebunan pribadi aset komersial, pertanian, dan perumahan yang dimiliki oleh bangsawan sejak Abad Pertengahan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X