Hacker Bjorka Bocorkan Data Negara, Presiden Jokowi Diminta Turun Tangan

- Selasa, 13 September 2022 | 09:31 WIB
Kolase Bjorka. (Dok. Telegram) dan Presiden Jokowi (Instagram/@jokowi)
Kolase Bjorka. (Dok. Telegram) dan Presiden Jokowi (Instagram/@jokowi)

Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon mendesak agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat turun tangan atas tindakan hacker Bjorka yang belakangan ini membocorkan data milik pejabat negara.

Menurut Fadli tindakan yang dilakukan oleh Bjorka sangat mempermalukan bagi institusi negara. Oleh sebab itu mengapa dirinya meminta Presiden Jokowi untuk melakukan langkah intervensi.

"Menurut saya harus ada evaluasi total dan juga mungkin Presiden harus mengambil langkah atau intervensi," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/9/2022).

Dikatakan Fadli, dengan bocornya data yang sebagaimana diperlihatkan oleh hacker Bjorka tersebut memperlihatkan tidak ada pertahanan yang memadai dalam keamanan siber di Indonesia.

Lebih ironisnya, kata Fadli, malah mayoritas Indonesia mendukung langkah hacker Bjorka tersebut. Padahal menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra hal tersebut adalah sesuatu yang tidak benar.

"Ironisnya netizen kita mayoritas mendukung ini, ada something wrong, berarti harus ada pengkajian evaluasi mengapa bisa sedemikian rupa data kita bisa diperdagangkan, bisa diretas, bisa diperjualbelikan, atau diumbar di dunia maya,"tuturnya.

BACA JUGA: Disahkan Jadi Plt Ketum PPP, Mardiono Ingin Temui Presiden Jokowi

Selain itu, Fadli memandang seharusnya peran lembaga negara seperti Kemenkominfo dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bisa bertanggung jawab dalam rentetan kasus kebocoran oleh hacker Bjorka.

"Harusnya juga ada institusi seperti Kominfo dan BSSN yang bertanggung jawab terhadap keamanan siber," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X