12 Orang Belum Ditemukan, Tim SAR Perpanjang Proses Pencarian Korban Gempa Bumi Cianjur

- Jumat, 2 Desember 2022 | 09:21 WIB
Proses pencarian korban gempa Cianjur (Z Creators/Baihaqi)
Proses pencarian korban gempa Cianjur (Z Creators/Baihaqi)

Kantor Search and Rescue (SAR) Bandung memperpanjang operasi pencarian korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat hingga Sabtu (3/12/2022).

Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril mengatakan, proses pencarian diperpanjang karena masih ada 12 warga yang masih dinyatakan hilang. Diduga, mereka tertimbun material longsor akibat gempa.

“Pencarian hari ini tetap difokuskan di 3 worksite sesuai dengan laporan dan data korban yang masih hilang dari warga,” kata Jumaril melalui pesan tertulis, Kamis (1/12/2022).

-
Tim SAR terus mencari korban gempa Cianjur (Z Creators/Baihaqi)

Jumaril mengatakan, upaya pencarian korban terhambat akibat tingginya material longsor di lokasi kejadian, cuaca tidak menentu, hingga gempa susulan yang terus terjadi setiap hari.

Menurutnya, tim SAR harus melakukan upaya pencarian secara hati-hati, sebab kemungkinan buruk masih akan terjadi di Kabupaten Cianjur.

“Kemarin saja, proses pencarian kami hentikan sementara karena cuaca buruk. Mulai pagi kami kembali lakukan pencarian korban,” kata Jumaril.

-
Pencarian korban gempa terus dilakukan (Z Creators/Baihaqi)

Sebelumnya, gempa bumi dengan magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/2022) siang pukul 13.21 WIB.

Baca Juga: Waduh! 5 Pengungsi Gempa Cianjur Alami Gangguan Jiwa

Gempa bumi tersebut berpusat di darat 10 km barat daya Kabupaten Cianjur. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa dahsyat tersebut dipicu akibat adanya pergerakan Sesar Cimandiri.

Berdasarkan data per Kamis (1/12/2022) pagi, gempa bumi mengakibatkan 656 orang luka-luka, 109.386 mengungsi, 328 meninggal dunia, dan 12 masih dalam proses pencarian.

Artikel Menarik Lainnya:

Resep Mie Ayam Jamur Hotplate Singapura, Mudah Dibuat Rasanya Seenak di Restoran

Naik Cable Car dengan Jalur Terpanjang di Dunia, dari Laut ke Puncak Gunung Cuma 10 Menit

Dekorasi Ngunduh Mantu Kaesang-Erina Berkonsep Mataram Islam, Begini Detail Prosesinya

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X