Jepang dan AS Akan Membicarakan Tentang Kesepakatan Perdagangan

- Jumat, 23 Agustus 2019 | 17:37 WIB
Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dan Presiden AS, Donald Trump/Getty Images/Mario Tama
Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dan Presiden AS, Donald Trump/Getty Images/Mario Tama

Jepang merupakan investor asing terbesar di Amerika Serikat saat ini. Dengan total 21 miliar dolar sejak Mei, menjadikannya investasi terbesar yang tercatat di Departemen Keuangan AS. 

Melansir dari cnbc.com, kemarin, Kamis (22/8/2019), Menteri Ekonomi Jepang, Toshimitsu Motegi dan Perwakilan Dagang Amerika Serikat, Robert Lighthizer gagal mencapai kesepakatan perdagangan setelah berbicara selama empat jam.

Setelah pertemuan, Menteri Ekonomi Jepang, Toshimitsu Motegi mengatakan negosiasi membutuhkan waktu lebih karena melibatkan berbagai bidang yang memengaruhi kepentingan kedua negara. Namun, sepertinya ia optimis dengan pertemuan tersebut, "Semakin dekat untuk mencapai kesepakatan dengan AS." ungkapnya kepada wartawan. 

Motegi akan segera terbang ke Perancis dan bergabung dalam pertemuan antara Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dan Presiden AS, Donald Trump. Ketika ditanya apakah KTT bilateral dapat mencapai kesepakatan mengenai perdagangan, Motegi mengatakan, "Kita akan melihat apa yang bisa kita lakukan (dalam pembicaraan) besok."

Selama kunjungannya ke Prancis, Trump akan berbicara dengan rekan-rekannya tentang cara membuka pasar mereka untuk memastikan bisnis AS memiliki jalan untuk menjual barang dan jasa.

Sementara itu, Trump tertarik untuk mencapai kesepakatan awal dengan Jepang yang akan membuka sektor pertaniannya, serta membatasi ekspor mobil Jepang yang terhubung di AS.

Namun, di sisi lain Jepang menginginkan Amerika Serikat untuk memotong tarif impor suku cadang mobil dan barang industri dan hal ini belum disepakati hingga saat ini. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X