The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hasil Studi NASA Menyebut Danau di Turki Mirip dengan Kawah Planet Mars
Penampakan kawah di planet Mars. (Photo/YouTube/European Space Agency)
News

Hasil Studi NASA Menyebut Danau di Turki Mirip dengan Kawah Planet Mars

Minggu, 02 Agustus 2020 22:50 WIB 02 Agustus 2020, 22:50 WIB

INDOZONE.ID - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) melakukan penelitian unik, dengan menyambangi sebuah danau di Turki.

Penelitian dilakukan karena Danau tersebut mirip dengan kawah Jazero di Planet Mars. Menyadur dari laman Anadolu Agency, Minggu (2/8/2020) kesamaan tersebut dilihat dari susunan mineral yang dipantau dengan penginderaan jauh dan morfologis.

Selain itu, menurut Candan Gokceoglu, seorang profesor teknik geologi di Universitas Hacettepe di ibu kota Turki, Ankara.

Jezero Crater adalah lokasi pendaratan yang direncanakan untuk penjelajah NASA pada bulan Februari ketika akan memulai misi yang akan berlangsung selama satu tahun Mars, setara dengan 687 hari Bumi.

Depresi diperkirakan membentuk sebuah danau sebesar 28 mil - dan mungkin rumah bagi kehidupan mikroba - menurut badan antariksa Amerika Serikat tersebut.

Tak hanya itu, Gokceoglu, yang juga anggota Dewan Sains Aset Lingkungan dan Alam Turki, memposting ulang unggahan NASA di akun Twitter miliknya, di mana ia menunjukkan kesamaan antara Jezero dan Salda.

"Meskipun terletak di tempat yang jauh, Danau Salda, #Turkey, memiliki kesamaan geologis dengan Kawah Jezero di #Mars. Bahkan, para peneliti melakukan pekerjaan lapangan di Danau Salda untuk mempersiapkan #CountdownToMars," tulis Prof Gokceoglu.

"Anda mungkin tidak dapat melakukan perjalanan ke Jezero Crater di Mars, tetapi Anda dapat mengunjungi hal terbaik berikutnya: Danau Salda, Turki," kata Observatorium Bumi NASA.

"Meskipun letaknya jauh, Danau Salda berbagi mineralogi dan geologi yang sama dengan danau Mars." tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda Fahriza Batubara
M. Rio Fani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US