The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Terungkap Sosok Eko Prasetyo Pembunuh Sadis Yulia Kerabat Jokowi, Dihabisi di Kandang Ayam
Sosok pelaku Eko Prasetyo terduga eksekutor Yulia. (Istimewa)
News

Terungkap Sosok Eko Prasetyo Pembunuh Sadis Yulia Kerabat Jokowi, Dihabisi di Kandang Ayam

Jumat, 23 Oktober 2020 11:32 WIB 23 Oktober 2020, 11:32 WIB

INDOZONE.ID - Polisi berhasil mengungkap sosok eksekutor pembunuhan Yulia (42) saudara Presiden Jokowi yang dihabisi dengan keji di Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (20/10/2020).

Dalam foto yang beredar tampak tersangka Eko Prasetyo atau inisial EP duduk meringkuk dengan tangan diborgol masih mengenakan pakaian biasa.

Terduka pelaku EP merupakan warga Sukoharjo. 

Direktur Kriminal Umum Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Wihastono Yoga Pranoto di Semarang, Kamis, membenarkan penangkapan terduga pelaku terkait pembunuhan Yulia.

"Ya," kata Wihastono tanpa menjelaskan secara detil terduga pelaku yang diamankan tersebut seperti yang dilansir ANTARA.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Eko Prasetyo menghabisi Yulia kerabat Presiden Joko Widodo sangat keji.

Wanita 42 tahun itu rahangnya dipukul menggunakan linggis lalu dibakar di mobilnya. Korban dibantai di kandang ayam.

Pelaku sengaja membakar mobil milik korban karena ingin menghilangkan jejak. Begitu mobil ludes terbakar, jenazah korban dengan posisi tangan terikat ke belakang duduk di kursi belakang ikut hangus.

Peristiwa tragis tersebut berlangsung di Dukuh Cendono Baru RT 004/ 007, Desa Sugihan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Belum diketahui apa motif pelaku hingga tega menghabisi nyawa korban, namun hingga kini polisi masih menggelar perkara untuk mengungkap kasus pembunuhan ini.

Begitu juga apakah ada pihak lain yang terlibat membantu Eko menghabisi nyawa Yulia.

Sementara Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Iskandar F.Sutisna mengatakan satu terduga pelaku yang diamankan dalam penyelidikan kasus pembunuhan itu.

"Satu orang yang diamankan. Langsung dilaksanakan gelar perkara untuk menentukan status yang bersangkutan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, jasad seorang wanita yang diketahui bernama Yulia ditemukan dalam sebuah mobil yang terbakar di Desa Sugihan, Bendosari, Kabupaten Sukoharjo pada Selasa (20/10).

Polisi meyakini kasus tersebut merupakan peristiwa pembunuhan berdasarkan hasil olah tempat kejadian peristiwa dan autopsi tubuh korban.

Korban dibakar dalam mobil

Kasat Reskrim Polres Sukoharjo AKP Muhammad Alfan, disela olah tempat kejadian perkara (TKP) di Desa Cendana Baru Desa Sugihan, Sukoharjo, membenarkan kasus pembunuhan itu.

Pihaknya kini sedang memeriksa sejumlah saksi yang ada di lokasi kejadian, dan pihak keluarga korban untuk bisa mengungkap kasus penemuan mayat tersebut.

"Kronologi bagaimana peristiwa ini, penyebab kematian korban dan kebakaran masih didalami semoga segera mengungkap kasus ini," kata Kasat, Rabu Kemarin.

Kasat menjelaskan, peristiwa tersebut berawal adanya penemuan mayat seorang perempuan di dalam mobil yang terbakar di Dukuh Cendana Baru Desa Sugihan Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo, pada Selasa (20/10) , sekitar pukul 22.00 WIB.

Sejumlah warga yang melintasi lokasi kejadian perkara melihat ada kepulan asab dari dalam mobil Daihatsu warna silver itu, setelah didekati ternyata asap dari sebuah Mobil Daihatsu Xenia nopol AD 1526 EA dan tahun buatan 2010.

Saksi mendatangi dan mengetuk rumah warga d isebelah lokasi kejadian, tetapi ternyata bukan mobil milik warga setempat. Saksi bersama warga kemudian melakukan upaya pemadaman mobil yang terbakar itu, dan menghubungi petugas Damkar Sukoharjo.

Setelah mobil berhasil dipadamkan, ternyata di dalam mobil bagian belakang ada seorang korban perempuan kondisi terbakar.

Kejadian ini, kemudian dilaporkan ke Polsek Bendosari, petugas mendatangi TKP dan melakukan olah TKP di lokasi kejadian.

Jenazah korban kemudian dievakuasi dan dibawa lke RSUD Dr. Moewardi Solo untuk dilakukan autopsi. Hasil autopsi jenazah korban terungkap identitas korban bernama Yulia (42) warga Selogiri Wonogiri, tetapi dia tinggal di Gambuhan RT 04 RW 02 Baluwarti Pasar Kliwon Solo.

Kasat mengatakan penyebab kematian korban masih di dalami karena jenazah masih dilakukan autopsi dan tim sedang melakukan penyelidikan. Korban saat ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia dan mengalami luka bakar.

"Kami masih menunggu hasil olah TKP di lokasi kejadian perkara, oleh Tim Laboratorium Forensik Polda Jateng," katanya.

Hananto Wibowo (50) warga Kampung Cendana Baru RT 4 RW 07 Desa Sugihan Sukoharjo mengatakan dirinya saat kejadian di dalam rumah, dan seorang warga tiba-tiba mengetuk-ngetuk pintu, katanya mobilnya terbakar.

Menurut Hananto dirinya kemudian keluar rumah ternyata bukan mobilnya yang terbakar. Diri kemudian mendekat dan tidak melihat ada orang di dalam mobil.

"Saya langsung mengambil selang air untuk memadamkan api mobil yang terbakar itu. Saya melihat api ada di belakang sebelah kanan mobil saya berusaha memadamkan, dan ternyata ada satu korban kondisi sudah meninggal dunia," kata Hananto.

Artikel Menarik Lainnya:

Viral Debt Collector Kena Batunya, Paksa Tarik Motor Milik Tentara Jadi Dipermalukan Gini

Kejam, 2 Murid Dibelenggu & Disiksa Guru Hingga Hampir Mati di Sekolah Milik Seorang Syekh

Sosok Yulia Kerabat Jokowi Ditemukan Tewas di Mobil Terbakar Sukoharjo, Korban Pembunuhan

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US