The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dishub DKI Bakal Tambah Jumlah Sepeda dan Lokasi Bike Sharing
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
News

Dishub DKI Bakal Tambah Jumlah Sepeda dan Lokasi Bike Sharing

Ini titiknya.

Senin, 13 Juli 2020 18:22 WIB 13 Juli 2020, 18:22 WIB

INDOZONE.ID - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebutkan, penyewaan layanan sepeda gratis atau bike sharing yang ditempatkan di beberapa titik di Jakarta banyak diminati masyakarat.

Karena itu, pihaknya berencana kembali menambah jumlah sepeda dan jumlah titik sebaran sepeda di beberapa lokasi koridor angkutan umum di Jakarta.

"Bike sharing, Alhamdulillah peminatnya cukup banyak, di beberapa titik bahkan sepedanya itu langsung digunakan," kata Syafrin di Jakarta, Senin (13/7/2020).

"Jadi orang memang yang tadinya mungkin masih melihat angkutan lanjutan, tapi sekarang dengan adanya bike sharing di titik-titik seperti di kawasan Sudirman-Thamrin warga itu begitu turun dari MRT dari KLR itu langsung gunakan itu," sambungnya.

Syafrin menerangkan, tujuan Pemprov DKI menyediakan sepeda gratis adalah agar sepeda dapat menjadi transportasi alternatif dan transportasi lanjutan setelah mereka menggunakan transportasi umum di ibu kota.

"Tujuannya adalah ingin jadikan sepeda sebagai alat transportasi di last atau firstmile-nya warga dalam aktivitas sehari-hari setelah mereka menggunakan transportasi ataupun angkutan umum massal dalam pergerakannya," ungkapnya.

Dia menyebut, penyediaan sepeda gratis atau bike sharing tersebut masih dalam tahap uji coba. Pada uji coba sebulan ke depan Pemprov telah menyediakan sebanyak 200 sepeda yang tersebar di sembilan bike station di wilayah DKI Jakarta.

"Kita akan evaluasi, dan tujuannya kita ingin perbanyak bike station ini di wilayah-wilayah koridor-koridor angkutan umum massal di ibu kota," jelasnya.

Sekadar informasi, layanan bike sharing atau penyewaan sepeda mulai diuji coba oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Jumat lalu (3/7/2020). Jam operasional bike sharing dapat digunakan sejak pukul 06.00-18.00 WIB.

Menurut Kepala Dishub DKI Jakarta ini, sepeda dapat digunakan oleh siapapun dan syaratnya masyakarat diminta untuk terlebih dahulu melakukan registrasi melalui aplikasi Gowes.

Adapun sembilan titik lokasi sementara bike sharing tersebut yakni sebagai berikut:

  1. Stasiun MRT Bundaran HI
  2. Halte Bus Pelican Crossing Bundaran HI sisi Timur
  3. Halte Bus Pelican Crossing Bundaran HI sisi Barat
  4. Depan Gedung Sinar Mas.
  5. Halte Bus Balaikota Sisi Selatan
  6. Stasiun Tanah Abang
  7. Walikota Jakarta Pusat / Museum Prasasti
  8. Gedung Dinas Teknis Abdul Muis
  9. Gedung Dinas Teknis Jatibaru

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
Murti Ali Lingga
JOIN US
JOIN US