The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sampaikan Manfaat Vaksin, Dokter: Bisa Turunkan Angka Penyebaran Covid-19
Ilustrasi vaksinasi. (Photo/ANTARA FOTO)
News

Sampaikan Manfaat Vaksin, Dokter: Bisa Turunkan Angka Penyebaran Covid-19

Minggu, 24 Januari 2021 12:43 WIB 24 Januari 2021, 12:43 WIB

INDOZONE.ID - Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara (FK Untar) dr Velma Herwanto SpPD PhD menjelaskan bahwa vaksin Covid-19 dapat membantu menurunkan penyebaran virus tersebut di masyarakat.

“Vaksin itu bekerja dengan melindungi individu terhadap infeksi virus SARS-CoV-2 itu. Apabila infeksi tetap terjadi, derajat beratnya penyakit pun akan lebih ringan. Semakin banyak jumlah orang yang divaksinasi, kekebalan masyarakat pun akan terbentuk,” ujar Velma, dilansir dari Antara, Minggu (24/1/2021).

Ia juga menjelaskan bahwa  vaksin yang digunakan di Indonesia tergolong aman karena telah melalui uji klinis. Dari uji klinis tersebut disimpulkan bahwa vaksin terbukti aman. Efek samping yang timbul minimal, seperti demam, menggigil, sakit kepala dan kelelahan.

"Tidak ada efek samping berat yang dilaporkan, kecuali reaksi alergi anafilaksis yang umumnya timbul pada orang yang memiliki riwayat alergi obat sebelumnya. Risiko itu diminimalkan dengan melakukan pengawasan selama 30 menit setelah vaksinasi," kata dia.

Velma juga menyarankan pemerintah aktif melakukan sosialisasi mengenai vaksinasi tersebut, khususnya terkait keamanannya melalui banyak hal.

Baca juga: Video Syur Viral dan Ditetapkan Tersangka, Nobu Akui Akan Berusaha Menjadi Lebih Baik Lagi

"Selain melakukan ajakan vaksinasi, pemerintah sebaiknya juga menyampaikan data mengenai efikasi dan keamanan vaksin, baik melalui visual interaktif, penyampaian data dalam bentuk angka, serta pendekatan personal dengan bantuan pemuka masyarakat dan aparat untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin aman untuk digunakan,” ujar dia.

Di sisi lain, perusahaan rintisan bidang kesehatan SehatQ menyebutkan hasil survei yang dilakukan pihaknya menunjukkan sebagian besar masyarakat bersedia menerima vaksin COVID-19.

“Kami telah melakukan survei untuk menggali persepsi publik terhadap vaksin COVID-19. Survei yang dilakukan secara online pada Oktober 2020 ini melibatkan 797 responden. Hasil survei tersebut berhasil memetakan pandangan publik terhadap kehadiran vaksin di masa pandemi saat ini,” ujar CEO SehatQ Linda Wijaya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US