Meski Tak Dilarang, Pimpinan DPR Minta Masyarakat Tetap Tahan Diri untuk Mudik Lebaran

- Kamis, 18 Maret 2021 | 13:56 WIB
Calon penumpang menunggu bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta. (INDOZONE).
Calon penumpang menunggu bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta. (INDOZONE).

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta untuk masyarakat menahan diri tidak mudik lebaran 1442 H/2021 M. Hal tersebut berkaitan dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang menyebut pemerintah tak melarang mudik.

“Saya harap masyarakat dapat menahan diri untuk melakukan mudik ke kampung halaman, pada saat Hari Raya Idul Fitri 2021, agar penyebaran Covid-19 dapat di cegah dalam lingkungan keluarga dan kampung halaman" ujar Azis kepada wartawan, Kamis (18/3/2021).

Meskipun situasi pandemi Covid-19 belum berakhir Azis memahami pastinya akan ada masyarakat yang mudik secara diam-diam. Jika nantinya pemerintah akan melakukan pelarangan mudik 2021.

"Kita larang pun pasti akan tetap ada yang melakukan mudik secara diam diam dengan segala jurus sembunyinya,  seperti yang terjadi tahun lalu, ada yang mengumpat di bagasi bus, ada yang mengakali dengan memasuki kendaraan ke dalam truk" tutur Azis.

Baca Juga: Foto Bareng, Ivan Gunawan dan Ayu Ting Ting Dinilai Mirip hingga Didoakan Berjodoh

Di sisi lain, Politikus Partai Golkar ini menghimbau untuk masyarakat bisa memanfaatkan perkembangan tekonologi dalam melakukan tradisi lebaran yakni silahturahmi  

"Silaturahim dan Silaturahmi saat ini semakin mudah dengan kemajuan tehnologi, bisa pakai smartphone, jadi masih dapat bertatap muka," tutupnya.

Sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tak melarang masyarakat untuk mudik lebaran pada tahun 1442 H/2021 M.  Hanya saja mudik lebaran tahun ini akan ada mekanisme protokol kesehatan yang ketat dari Satgas Covid-19.

"Mudik 2021, pada prinsipnya pemerintah melalui Kemenhub tidak melarang (Mudik). Kami akan berkoordinasi dengan gugus tugas bahwa mekansime akan kita atur bersama dengan pengetatan dan melakukan tracing kepada mereka yang akan bepergian," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Selasa (16/3/2021).
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X