The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

WHO Puji Laos Karena Tak Ada Penambahan Kasus Baru Covid-19
File photo: Relawan Palang Merah Laos meningkatkan kesadaran tentang gejala COVID-19 di pasar di Vientiane, Laos 30 April 2020 (photo/REUTERS)
News

WHO Puji Laos Karena Tak Ada Penambahan Kasus Baru Covid-19

Jumat, 19 Juni 2020 00:07 WIB 19 Juni 2020, 00:07 WIB

INDOZONE.ID - Sudah lebih dari 80 hari berturut-turut Laos tidak mendeteksi adanya kasus baru virus corona, dan semua 19 pasien covid-19 di negara itu diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Organisai Kesehatan Duni (WHO) pun memuji Laos, karena jadi negara Asia Tenggara yang sukses putuskan penularan virus corona.

WHO meyebutkan, respons cepat di seluruh negara membuat Laos bisa bebas dari pandemi mematikan. 

Walaupun demikian, WHO tetap mengingatkan agar Laos tetap siaga dan waspada. Hal itu dikarenakan negara tetangganya Tiongkok saat ini tengah berhadapan dengan gelombang kedua corona.

Pelaksana tugas perwakilan WHO di Laos Howard Sobel dalam pernyataannya memuji PM Thongloun, Gugus Tugas COVID-19 Laos, dan Pusat Operasi Darurat.

"Kami berterima kasih kepada staf medis di garis depan yang tanpa lelah berupaya untuk memperkuat sistem deteksi dan peringatan dini, pelacakan kontak, dan mempersiapkan sistem kesehatan Laos, perbatasan, dan pusat karantina COVID-19," kata Sobel seperti dilansir dari Reuters.

"Tindakan yang sudah dilakukan pada kemenangan awal ini harus tetap dipertahankan dan diperkuat," sambung dia. 

Meskipun mendapatkan pujian dari WHO, Federasi Palang Merah Internasional dan Bulan Sabit Merah (IFRC) meyakini Laos belum sepenuhnya lepas dari corona.

Saat ini setiap pendatang ke negara tersebut akan diperiksa suhu tubuh mereka dan tidak ada seorang pun yang menunjukkan gejala demam.

Laos terakhir melaporkan dua kasus Covid-19 terkonfimasi pada 24 Maret. Sampai saat ini hanya ada 19 kasus virus corona di negara tersebut, dan semua pasiennya telah diizinkan untuk pulang.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US