The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Komisi IX DPR Sarankan Pemerintah Utamakan Aspek Pencegahan
Petugas pemakaman membawa peti jenazah pasien Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Jumat (24/4/2020). (INDOZONE)
News

Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Komisi IX DPR Sarankan Pemerintah Utamakan Aspek Pencegahan

Penularan Covid-19 masih tinggi.

Rabu, 27 Januari 2021 09:02 WIB 27 Januari 2021, 09:02 WIB

INDOZONE.ID - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia menembus angka 1 juta kasus. Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena menyarankan agar pemerintah dalam menangani kasus Covid-19 mengutamakan aspek pencegahan.

Melki berkata, saat ini penularan Covid-19 di Indonesia masih tinggi lantaran terjadi peningkatan transmisi lokal di berbagai daerah.

“Menandakan konsentrasi utama kerja melawan Covid-19 harus pada aspek pencegahan,” ujar Melki kepada Indozone, Rabu (27/1/2021).

Politisi Partai Golkar ini menegaskan, aspek hulu diperlukan mendapat perhatian ekstra dengan diberikan program khusus dan dukungan anggaran yang memadai sehingga efektif dan efisien.

Bahkan menurutnya aspek pencegahan bisa dilakukan berbasis komunitas RT-RW, dusun kampung membuat semacam satgas atau posko bersama berbagai pihak termasuk unsur tenaga kesehatan terdekat di puskesmas atau RS.

“Saatnya perkuat kebersamaan dan sinergi lintas pihak berbasis komunitas yang juga dilakukan bertingkat di desa kelurahan, kecamatan, kota kabupaten, propinsi sebagaimana yang berjalan dengan baik di pusat melalui KPC PEN yang dipimpin Airlangga Hartarto,” tutur dia.

Lebih lanjut, jika semua pihak sudah saling bergandengan bersama dalam menangani Covid-19, maka pencegahan akan berjalan dengan baik. Begitu pula dengan program vaksinasi Covid-19 pun bisa berjalan.

“Semua tingkatan bergandengan tangan dan gotong royong pusat sampai daerah saat ini fokus ke pencegahan semoga memperkuat upaya vaksinasi gratis dalam mengendalikan pandemi dan membentuk herd immunity 70% sehingga rencana Presiden Jokowi bisa terbentuk setahun ke depan,” tandasnya.

Sekadar diketahui, penambahan kasus virus corona hari ini di Tanah Air sebanyak 13.094, sehingga totalnya kini menjadi 1.012.350 kasus.

Selain itu, jumlah pasien sembuh bertambah sebanyak 10.868, sehingga akumulasinya menjadi 820.356. Sedangkan, pasien meninggal karena virus corona bertambah 336, maka totalnya kini 28.468 orang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Yulia Marianti
Harits Tryan Akhmad

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US