The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ribuan Mink di Spanyol Dimusnahkan Akibat Terpapar COVID-19
Hewan mink. (Photo/Ilustrasi/Flickr)
News

Ribuan Mink di Spanyol Dimusnahkan Akibat Terpapar COVID-19

Jumat, 17 Juli 2020 20:51 WIB 17 Juli 2020, 20:51 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Spanyol mengambil keputusan untuk memusnahkah hampir 100 ribu ekor mink di sebuah peternakan di Madrid. Hal itu dilakukan usai hewan tersebut terbukti tertular COVID-19.

Seperti yang diketahui, Mink merupakan hewan jenis mamalia genus Neovison dan Mustela yang menjadi bagian dari keluarga Mustelidae (berang-berang dan musang).

Dilansir dari laman BBC, Jumat (17/7/2020), klaster di provinsi Aragon ditemukan pemerintah Spanyol usai istri seorang karyawan peternakan tertular COVID-19 Mei lalu.

Sementara itu, suami dari peternak itu dan enam pekerjanya juga dinyatakan positif COVID-19. Meski awalnya pemerintah Spanyol hanya memerintahkan peternakan untuk mengawasi dan mengisolasi ribuan ekor mink.

Namun, usai menjalani tes pada 13 Juli lalu, 87 persen dari 100 ribu mink kedapatan terinfeksi COVID-19. Di saat itulah pemerintah Spanyol mengambil kebijakan untuk memusnahkan 92.700 ekor Mink.

Pihak berwenang pun mengatakan bahwa nantinya akan memberikan kompensasi kepada perusahaan yang mengelola pertanian itu. Selain itu, Menteri pertanian Aragon, Joaquin Olona mengatakan pihaknya mengambil keputusan itu demi menghindari risiko penularan COVID-19 pada manusia.

"Tidak jelas apakah penularan dimungkinkan dari hewan ke manusia dan sebaliknya," kata Olona dilansir dari BBC, Jumat (17/7/2020).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US