Banjir Melanda Kalimantan Selatan, TNI AL Kerahkan Para Penyelam untuk Proses Evakuasi

- Minggu, 17 Januari 2021 | 11:40 WIB
Pengiriman para penyelam dari TNI AL untuk membantu proses evakuasi banjir di Kalimantan Selatan. (Dok. Dispenal)
Pengiriman para penyelam dari TNI AL untuk membantu proses evakuasi banjir di Kalimantan Selatan. (Dok. Dispenal)

Menyikapi musibah banjir di Kalimantan Selatan, TNI Angkatan Laut bergerak cepat dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Banjir dan langsung menugaskan ke wilayah Kalimantan Selatan yang mengalami banjir.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama, Julius Widjojono mengatakan, tahap awal prajurit yang dikirim memiliki kualifikasi penyelam yakni dari Satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Dinas Penyelam Bawah Air (Dislambair) Komando Armada (Koarmada) II.

"Pengiriman dilaksanakan menggunakan pesawat Cassa NC 212-200 Aviocar U 6215 TNI AL dan mendarat di bandara TNI AU  Lanud Samsudin Noor Banjarbaru," ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Minggu (17/1/2021).

Dijelaskan, Satgas Banjir para penyelam yang didatangkan dari Surabaya ini menambahi jumlah personel dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banjarmsin sebanyak 30 personil yang sudah terjun melaksankan evakuasi di lapangan.

"Para prajurit TNI AL dilengkapi dengan peralatan bantuan Search and Rescue (SAR) berupa  perahu karet, kompressor dan peralatan selam," jelasnya.

Ia menambahkan, rencana TNI AL akan menambah jumlah personel satgas yang  berasal dari kesatuan Pasukan Marinir I Jakarta sebanyak 50  personel. Satgas Banjir ini yang dilengkapi dengan peralatan SAR dan Komunikasi seperti perahu karet, motor tempel 10, dapur lapangan, tenda serbaguna, sleeping bed, Radio HF SSB, Radio UHF HT Hytera, Ggnset, Repeater UHF dan oksigen portable.

"Pasukan tambahan TNI AL Rencana keberangkatan personel ke daerah bencana banjir via pesawat Hercules TNI AU," ungkapnya.

Sementara itu, Satgas Banjir TNI AL yang sudah di Kalsel dalam rangka  meringankan beban korban banjir, Satgas  yang  dipimpin Wakil Komandan Lantamal XII Kolonel Mar Nur Azis membagikan bantuan berupa sembako tahap pertama dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Penyerahan bantuan dilaksanakan secara simbolis yang diterima pembekal kelurahan Martapura selanjutnya didistribusikan kepada seluruh masyarakat yang mengungsi di posko tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X