Tahun Lalu di Arak dengan Kereta Kencana, Kini Bendera Pusaka Langsung Dipegang Paskibraka

- Senin, 17 Agustus 2020 | 11:33 WIB
Upacara HUT Ri ke-75 di Istana Merdeka Jakarta (Youtube Sekretariat Presiden)
Upacara HUT Ri ke-75 di Istana Merdeka Jakarta (Youtube Sekretariat Presiden)

Pandemi virus corona membuat banyak hal berubah, begitu juga dengan pelaksanaan upacara HUT RI ke-75 di Istana Merdeka, Jakarta. Pada tahun 2019, upacara detik-detik Proklamasi digelar secara meriah. Namun kali ini upacara dilakukan dengan minim personel dan tamu undangan.

Pantauan Indozone dalam channel Youtube Sekretariat Presiden pada Senin (17/8/2020), upacara diikuti oleh Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin serta beberapa pejabat negara seperti Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Menteri Agama Fachrul Razi.

Petugas pasukan pengibaran bendera pusaka (Paskibraka) yang biasanya tiap tahun mendapat sorotan dari rakyat Indonesia dengan kekompakannya, kali ini hanya tiga orang saja yang bertugas mengibarkan bendera pusaka. Jika biasanya bendera pusaka di pegang oleh Presiden lalu diberikan kepada pembawa baki, namun kali ini berbeda.

Bendera Merah Putih dipegang langsung oleh pembawa bagi lalu dikibarkan di tiang. Pada upacara HUT RI ke-74 di Istana tahun lalu, prosesi pengibaran bendera pusaka sangat meriah dan unik. Pasalnya, bendera pusaka yang dipegang oleh petugas Paskibraka dibawa dari halaman Monumen Nasional (Monas) ke Istana Merdeka menggunakan kereta kencana.

Dua petugas Paskibraka mengenakan seragam lengkap naik ke atas kereta kencana tersebut lalu berjalan menuju Istana Merdeka dengan diiringi musik khas. Kereta kencana tersebut ditarik oleh enam ekor kuda. Lalu bendera pusaka di arak oleh atraksi musik marching band dan puluhan orang mengenakan pakaian adat dari seluruh provinsi di Tanah Air. Petugas berkuda pun mengawal arak-arakan tersebut.

-
Bendera pusaka di arak dengan meriah (Youtube/Sekretariat Presdien)

 

Lagu Ayam Den Lapeh dari Sumatera Barat, Maju Tak Gentar dan lain-lain mengiringi arak-arakan yang sangat meriah itu. Masyarakat pun bisa menyaksikan langsung arak-arak tersebut dari halaman Monas. Sementara di halaman Istana Merdeka, ratusan tamu undangan duduk di tenda yang sudah disediakan.

Artikel menarik lainnya

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X