Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, 13 Hutan Raya di Surabaya Dibuka

- Sabtu, 12 Desember 2020 | 21:05 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat keliling Taman Hutan Raya Balasklumprik di komplek kantor Kelurahan Balasklumprik, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya, Jumat (11/12/2020). (Photo/ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat keliling Taman Hutan Raya Balasklumprik di komplek kantor Kelurahan Balasklumprik, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya, Jumat (11/12/2020). (Photo/ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

Sekitar 13 Taman Hutan Raya (Tahura) di Kota Surabaya, Jawa Timur, telah dibuka menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Yuniarto Herlambang di Surabaya pada Sabtu (12/12/2020), memastikan bahwa setidaknya ada 13 Tahura di berbagai titik di Surabaya sudah dibuka.

Maka dari itu, Yuniarto mengatakan ketika para pengunjung masuk ke Herlambang itu harus selalu menerapkan protokol kesehatan karena saat ini masih masa pandemi.

"Seperti yang disampaikan Bu Wali Kota, Tahura ini bisa menjadi alternatif wisata saat libur Natal dan tahun baru," kata Herlambang, dilansir dari Antara, Sabtu (12/12/2020).

Adapun hutan kota yang ada di Surabaya di antaranya Hutan Pakal, Hutan Mangrove Wonorejo, Hutan Warugunung, Hutan Kota Balas Klumprik, Hutan Lempung Perdana, Hutan Mangrove Gunung Anyar dan Hutan Bambu Keputih.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebelumnya meminta warga Surabaya memanfaatkan hutan kota untuk bermain dan belajar dari pada keluar kota selama libur Nataru 2021.

Baca juga: Viral Pengantin Wanita yang Terima Apa Adanya Pasangannya, Netizen: Cinta Itu Buta

"Saya harap warga jangan liburan ke luar kota atau keluar negeri dulu selama pandemi, khusus tahun ini aja. Ini demi kebaikan bersama," terangnya.

Untuk itu, pihaknya akan membuka hutan kota untuk warga Surabaya berlibur. Meskipun mungkin tidak seperti yang dibayangkan liburan pada umumnya, akan tetapi minimal dapat mengisi waktu dan kegiatan selama liburan.

Wali Kota Risma juga telah meresmikan Taman Hutan Raya Balasklumprik di komplek kantor Kelurahan Balasklumprik, Kecamatan Wiyung, Surabaya, Jumat (11/12/2020).

Risma menjelaskan Tahura Balasklumprik itu luasnya sekitar 4 hektare dan penanamannya sudah dimulai sekitar Bulan Desember 2010. Kini, tanaman itu sudah tumbuh besar dan kawasan itu sudah berubah menjadi hutan, berbagai infrastruktur penunjang sudah jadi, sehingga ia berharap Tahura tersebut bisa menjadi tempat wisata sekaligus bisa meningkatkan pendapatan warga sekitar.

"Jadi, gerakan kita mengarah ke lingkungan karena kita mendapatkan oksigen dari tempat ini, sehingga nanti ini akan menjadi tempat wisata, dan sekaligus juga bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar," kata Risma.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X