Ridwan Kamil Sarankan Anies Baswedan Konsultasi ke Pusat Terkait PSBB Total

- Jumat, 11 September 2020 | 16:43 WIB
Ridwan Kamil. (Dok. Humas Pemprov Jabar)
Ridwan Kamil. (Dok. Humas Pemprov Jabar)

Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil menyarankan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar mengkonsultasikan ke pemerintah pusat terkait penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total.

Hal tersebut disampaikan Ridwan Kamil dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Jawa Barat, di Kota Bandung, Jumat (11/9/2020).

Ridwan Kamil mengatakan Pemprov Jawa Barat telah memutuskan dua strategi terkait strategi penanggulangan COVID-19 di wilayah ini yakni strategi untuk daerah Bodebek (Bogor, Depok Bekasi) dan non Bodebek.

"Kita ini sudah diputuskan bahwa Jawa Barat strateginya terbagi dua strategi yakni buat Bodebek dan strategi non Bodebek," ujar Ridwan Kamil.

Menurutnya, untuk strategi Bodebek harus satu frekuensi dengan Provinsi DKI Jakarta karena mayoritas kasus COVID-19 d Provinsi Jawa Barat berada di Bodebek.

"Jadi kalau Pak Anies ke kiri kita ke kiri, Pak Anies ke kanan kita ke kanan, semata-mata karena klaster COVID-19 Jawa Barat juga paling besar, hampir 70 persen ada di Bodebek," tambah Ridwan Kamil.

Dia juga mengatakan bahwa sebenarnya status Bodebek tidak berubah terkait COVID-19 yakni masih PSBB yang diterjemahkan intensitasnya oleh wali kota dan bupati.

"Jadi sebenarnya Jakarta juga bukan hal baru karena statusnya juga masih PSBB. Pembatasan kira-kira, bukan pelarangan, kalau pelarangan itu namanya lockdown," tutur Ridwan Kamil.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X