Ini Gli, Kucing yang Tetap Jadi Penghuni Hagia Sophia Meski Rumahnya Beralih Fungsi

- Sabtu, 25 Juli 2020 | 10:13 WIB
Gli, kucing di Hagia Sophia. (Instagram/@hagiasophiacat)
Gli, kucing di Hagia Sophia. (Instagram/@hagiasophiacat)

Gli adalah salah satu kucing terkenal di dunia dengan ribuan pengikut di Instagram, hampir sama terkenalnya dengan rumahnya, Hagia Sophia di Istanbul, Turki.

Pergantian status Hagia Sophia dari museum menjadi masjid membuat orang-orang di Turki bertanya-tanya apakah Gli harus pindah atau tetap di sana.

Gli selalu menjadi pusat perhatian pengunjung di Hagia Sophia. Bahkan, Barack Obama yang pernah berkunjung ke Hagia Sophia juga menyukai Gli. Mantan presiden Amerika Serikat (AS) tersebut pernah mengelus kucing bermata hijau tersebut.

Terkait tempat tinggal Gli, otoritas setempat memastikan Hagia Sophia bisa tetap jadi rumah Gli.

Dilansir Reuters,  juru bicara Presiden Tayyip Erdogan, Ibrahim Kalin mengatakan bahwa Gli dan kucing-kucing lainnya akan tetap berada di Hagia Sophia.

"Kucing ini telah jadi terkenal, dan masih banyak kucing lain yang belum seterkenal itu. Kucing tersebut tetap akan berada di sini, dan semua kucing disambut ke dalam masjid kami," kata Ibrahim Kalin.

Ini menjadi kabar baik bagi Umut Bahceci, pemandu wisata yang mulai membuat akun Instagram (@hagiasophiacat) untuk Gli sekitar empat tahun lalu.

Gli saat ini punya lebih dari 48.000 pengikut. Akun itu dipenuhi foto kucing, sebagian ditandai oleh turis yang bertemu Gli.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X