Dokter Sebut Bahagia Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anak Melawan Virus

- Minggu, 26 Juli 2020 | 18:21 WIB
Dua anak memakai pelindung wajah saat bermain sepeda dalam uji coba hari bebas kendaraan di kawasan Lapangan Puputan Margarana Denpasar, Bali, Minggu (12/7/2020). (photo/ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
Dua anak memakai pelindung wajah saat bermain sepeda dalam uji coba hari bebas kendaraan di kawasan Lapangan Puputan Margarana Denpasar, Bali, Minggu (12/7/2020). (photo/ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Dokter anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan agar orang tua selalu menjaga anak agar selalu bahagia.

Hal itu bisa dilakukan dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dari asupan makan dan tidur yang cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam mempertahankan diri dari berbagai macam penyakit termasuk infeksi virus corona atau Covid-19.

"Untuk meningkatkan imunitas sebenarnya tidak perlu banyak-banyak, yang penting nutrisi asupan makan mencukupi kebutuhan yang harus dipenuhi, istirahat yang cukup dan memberikan waktu untuk anak, sehingga anak bahagia, kekebalan tubuh akan meningkat dengan sendirinya," kata dr S.T Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A pada acara bincang-bincang di Graha BNPB Jakarta melalui kanal Youtube, Minggu (26/7) dilansir ANTARA.

Menurut Andras, orang tua tidak perlu memberikan multivitamin atau asupan tambahan di luar asupan makan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Yang penting, kebutuhan nutrisi untuk tubuh anak dapat terpenuhi dari asupan makan sehari-hari.

Dirinya juga menjelaskan anak yang bahagia akan merangsang hormon endorfin di dalam tubuh dan secara tidak langsung akhirnya meningkatkan kekebalan tubuh anak dengan dikombinasikan dengan pemenuhan nutrisi dan istirahat cukup.

"Ternyata cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh si anak," kata dia.

Dokter anak tersebut juga menganjurkan anak-anak sebisa mungkin untuk tetap di dalam rumah saja agar terhindar dari risiko penularan Covid-19.

Namun, apabila terpaksa harus keluar rumah agar tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X