Kian Mudah, Bank Sudah Bisa Validasi dan Daftarkan NPWP Nasabah Secara Langsung

- Jumat, 24 Juli 2020 | 13:37 WIB
Ilustrasi NPWP. (Istimewa)
Ilustrasi NPWP. (Istimewa)

Direktorat Jenderal Pajak dan empat bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tergabung dalam Himbara hari ini, Jumat (24/7/2020) meluncurkan integrasi layanan dalam bentuk aplikasi validasi dan pendaftaran nomor pokok wajib pajak (NPWP). 

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Suryo Utomo, berterima kasih atas kerja sama yang telah terjalin antara DJP dan Himbara dan berharap sinergi ini dapat berlanjut dengan lebih solid dan saling memberikan manfaat. 

"Mulai 17 Agustus 2020 bank akan dapat melakukan validasi dan pendaftaran NPWP nasabah atau calon nasabah secara online melalui sistem penyedia jasa aplikasi perpajakan," kata Suryo di Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Suryo menjelaskan, integrasi layanan ini diharapkan dapat mempermudah proses administrasi bagi masyarakat, khususnya mereka yang belum memiliki NPWP, untuk membuka rekening bank maupun mengajukan kredit. Di mana data NPWP menjadi salah satu persyaratan yang dibutuhkan adalah data NPWP. 

Selain meningkatkan kemudahan administrasi bagi nasabah, adanya fitur validasi NPWP ini dapat meningkatkan kualitas prosedur Know Your Customer bagi pihak bank karena validasi data NPWP nasabah atau calon nasabah tidak lagi bergantung pada kartu fisik NPWP tetapi dilakukan secara langsung ke sistem DJP. 

"Selain data NPWP, sistem validasi ini juga dapat menunjukkan riwayat kepatuhan pelaporan surat pemberitahuan pajak penghasilan yang dapat digunakan bank dalam proses evaluasi risiko kredit," terangnya.

Menurut Suryo, dalam kondisi pandemi virus corona (Covid-19) saat ini, aplikasi pendaftaran dan validasi NPWP melalui bank ini secara khusus diharapkan dapat mempermudah pelaku UMKM untuk mengakses dan mendapatkan fasilitas bantuan subsidi bunga/margin yang diberikan pemerintah untuk membantu pelaku UMKM mempertahankan kelangsungan usahanya. 

Kerena itu, lanjutnya, DJP pun mengimbau wajib pajak termasuk pelaku UMKM agar segera memanfaatkan berbagai stimulus pajak yang telah disediakan pemerintah dalam rangka menjaga dan memulihkan ekonomi nasional.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X