Lion Air Group Mulai Layani Penerbangan Domestik Hari Ini

- Rabu, 10 Juni 2020 | 10:00 WIB
Pengaturan penumpang Batik Air. (Dok. Lion Air Group)
Pengaturan penumpang Batik Air. (Dok. Lion Air Group)

Mulai hari ini, Rabu (10/6/2020), maskapai penerbangan Lion Air, Batik Air dan Wings air kembali melayani penumpang domestik. Meski demikian, calon penumpang yang hendak terbang harus memenuhi sejumlah syarat.

"Sesuai perkembangan bahwa calon penumpang pesawat udara sudah semakin memahami serta dapat memenuhi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan pesawat udara yang ditetapkan selama masa waspada pandemi COVID-19," ujar Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro.

Layanan penerbangan domestik tersebut sesuai dengan Surat Edaran No. 7 Tahun 2020 tentang Kriteria Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), yang mengatur kembali syarat yang harus dipenuhi oleh setiap calon penumpang yang hendak bepergian dengan pesawat.

Para calon penumpang nantinya harus menunjukkan bukti tes kesehatan seperti PCR atau tes cepat dan atau surat keterangan kesehatan. Jika tes kesehatan yang digunakan Rapid Test, maka masa berlaku adalah 3 hari.

Sementara itu, jika tes kesehatan yang digunakan Reverse Transcription – Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), maka masa berlaku 7 hari.

Namun, jika calon penumpang tidak melakukan tes kesehatan dengan kedua metode tadi, maka calon penumpang harus mendapatkan surat keterangan bebas gejala seperti influensa dari dokter rumah sakit/ Puskesmas daerah asalnya.

Para calon penumpang juga harus sudah berada di bandara 4 jam sebelum keberangkatan. Penumpang juga diwajibkan mengenakan masker di dalam pesawat, cuci tangan dan wajib jaga jarak dengan orang sekitarnya.

Penerbangan Lion Air Group domestik tetap di Terminal 2E dan internasional di Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Sementara itu, bandara lainnya yang beroperasi tetap di terminal yang sama.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X