The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Status Darurat Covid-19 Dicabut, Warga Jepang Mulai Kehidupan 'New Normal'
Sejumlah warga Jepang yang mulai menikmati perkumpulan usai pemerintah putuskan status darurat Covid-19. (Photo/REUTERS/Issei Kato)
News

Status Darurat Covid-19 Dicabut, Warga Jepang Mulai Kehidupan 'New Normal'

Rabu, 27 Mei 2020 00:50 WIB 27 Mei 2020, 00:50 WIB

INDOZONE.ID - Satu hari setelah pemerintah Jepang memutuskan untuk mengakhiri status darurat Covid-19, penduduk Kota Tokyo mulai kembali ke jalan-jalan dengan campuran rasa dan gentar. Pasalnya, mereka masih bersiap untuk menghadapi kehidupan 'new normal' dengan berdampingan bersama Covid-19.

Sebelumnya, Perdana Menteri Shinzo Abe mencabut status darurat di Ibu Kota dan empat prefektur lain pada Senin (25/5/2020). Ia juga mengklaim kemenangan karena telah berhasil menjaga angka infeksi yang relatif rendah, yakni 16.000 kasus.

"Saya ingin pergi minum dan mendatangi konser-konser," kata salah satu pekerja kantoran bernama Daisuke Tominaga kepada Reuters di Shibuya, Selasa (26/5/2020).

Jepang kini tidak mewajibkan usaha-usaha untuk tutup dan beberapa lainnya telah kembali buka sebelum status darurat Covid-19 dicabut. Hal itu berbeda dengan pembatasan sosial dengan di negara-negara lain. Namun, masyarakat di Jepang tetap diwajibkan mengikuti protokol kesehatan saat bepergian ke luar rumah.

Di sisi lain, Naoto Furuki (45) menyebut perjalanan paginya kini lebih ramai dari sebelumnya, dan hal tersebut membuat dia sedikit khawatir.

"Saya masih sedikit was-was. Gelombang kedua dari epidemi ini masih mungkin ada, jadi kita harus tetap waspada," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US