The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kurangi Risiko Terpapar Covid-19, MUI Ajak Khutbah Jumat Waktunya Diperpendek
Jemaah bersiap melaksanakan shalat dzuhur di Masjid Al Amjad. (Photo/ANTARA FOTO/Fauzan)
News

Kurangi Risiko Terpapar Covid-19, MUI Ajak Khutbah Jumat Waktunya Diperpendek

Kamis, 04 Juni 2020 20:23 WIB 04 Juni 2020, 20:23 WIB

INDOZONE.ID - Demi menghidar risiko terpapar Covid-19, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak umat Islam untuk memperpendek waktu khutbat Salat Jumat saat pandemi Covid-19.

Hal itu tertera dalam Fatwa MUI Nomor 31 Tahun 2020 di Jakarta, Kamis (4/6/2020). Fatwa itu menjelaskan perlunya memperpendek pelaksanaan khutbah Jumat. Selain itu, imam juga diminta untuk memilki surah Al Qruan yang pendek.

"Perlu memperpendek pelaksanaan khutbah Jumat dan memilih bacaan surat Al Quran yang pendek saat shalat," kata Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin AF.

Tak hanya itu saja, MUI juga mengeluarkan fatwa tentang menyelenggarakan Salat Jumat dalam rangka pencegahan Covid-19. Dalam hal itu, umat diajak untuk merenggangkan barisan saf salat.

Hasanuddin juga mengatakan bahwa saat ini keadaan normal salat berjamaah dengan saf yang tidak lurus dan tidak dapat hukumnya tetap sah. Namun, kehilangan keutamaan dan kesempurnaan berjamaah. Menurutnya, di tengah pandemi saat ini hal itu menjadi berbeda.

"Untuk mencegah penularan wabah COVID-19, penerapan physical distancing saat shalat jamaah dengan cara merenggangkan saf hukumnya boleh, shalatnya sah dan tidak kehilangan keutamaan berjamaah karena kondisi tersebut sebagai hajat syar'iah," kata dia.

Sementara itu, Hasanuddin juga mengingatkan umat yang melaksanakan Salat Jumat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, membawa sajadah sendiri, wudhu di rumah serta menjaga jarak aman.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US