Peringati Hari Lahir Pancasila di Tengah Pandemi, Jokowi: Menguji Daya Juang Kita

- Senin, 1 Juni 2020 | 09:03 WIB
Presiden Joko Widodo (Instagram/@jokowi)
Presiden Joko Widodo (Instagram/@jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingati Hari Lahir Pancasila tepat pada 1 Juni 2020 di Istana Negara bersama dengan jajarannya. Peringatan itu pun digelar dilakulan secara virtual, dan disiarkan melalui akun Youtube Sekretaris Kabinet.

Dalam pidatonya, Jokowi menyebutkan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilakukan di tengah masalah pandemi virus corona atau covid-19 menguji daya juang seluruh masyarakat Indonesia.

"Peringatan hari kelahiran pancasila hari ini kita laksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa," ucap Jokowi, Senin (1/6/2020).

"Menguji pengorbanan kita, menguji kedisiplinan kita, menguji kepatuhan, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat," tambahnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Kendati demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga bersyukur, karena dalam setiap menghadapi ujian, Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan persatuan bangsa dalam menghadapi semua tantangan.

"Rasa kepedulian kita untuk saling berbagi, memperkokoh kesaudaraan untuk bergotong royong meringan beban seluruh anak negeri, dan menumbuhkan daya juang kita untuk mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi," papar Jokowi.

Sekadar diketahui, peringatan ini juga diikuti Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, menteri Kabinet Kerja, Kepala BPIP Yudian Wahyudi, hingga Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X