Profil Edhy Prabowo, Menteri KKP yang Ditangkap KPK, Pernah Masuk Akabri Tapi Dipecat

- Rabu, 25 November 2020 | 11:34 WIB
Edhy Prabowo bersama Prabowo Subianto. (instagram)
Edhy Prabowo bersama Prabowo Subianto. (instagram)

Jauh hari sebelum ditangkap KPK, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo ternyata pernah diterima di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) pada tahun 1991 di Magelang, Jawa Tengah.

Namun, karier militer Edhy cuma seumur jagung. Dua tahun kemudian, tahun 1993, ia dipecat dari kesatuannya.

Dari situ, ia kemudian pergi ke Jakarta. Di ibukota, ia tinggal di rumah orang tua temannya. Belakangan, tahulah dia bahwa temannya tersebut merupakan karib Prabowo Subianto yang saat itu masih berpangkat letnan kolonel dan menjabat Komandan Grup III TNI AD.

Oleh Prabowo, Edhy dibiayai kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo. 

Lama kelamaan, hubungan Edhy dan Prabowo semakin dekat. Ketika Prabowo pegal-pegal, dia akan memijati Prabowo. Ketika Prabowo lapar, dia akan memasak untuk Prabowo. Rumah Prabowo pun ia yang bersihkan. Pakaian Prabowo pun dia yang mencucikan.

Namun atas semua pengabdiannya kepada Prabowo, dia dijadikan orang kepercayaan. Dia, antara lain, diajak Prabowo saat berdomisili di Jerman dan Yordania ketika Prabowo tengah merintis bisnis di sana.

Ketika Prabowo mendirikan Partai Gerindra, Edhy pun ikut bergabung sebagai kader. Entah bagaimana ceritanya, dia jadi calon anggota DPR dari Dapil Sumatera Selatan II dan berhasil menang karena meraup suara terbanyak pada tahun 2009. Pada periode 2009-2014, Edhy tergabung dalam Komisi VI DPR-RI yang mengurusi perdagangan, perindustrian, koperasi dan BUMN.

Kemudian pada 2014, Edhy kembali terpilih sebagai anggota DPR RI dari Dapil Sumatra Selatan I setelah memperoleh 75.186 suara. Pada periode 2014-2019, Edhy menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPR-RI yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan dan pangan.

Di luar politik, Edhy pernah jadi atlet pencak silat. Ia belajar silat sejak masih muda, hingga kemudian menjadi atlet pencak silat nasional dan ikut Pekan Olah Raga Nasional (PON) dan beberapa kejuaraan lainnya tingkat mancanegara. Saat sudah jadi anggota DPR, ia aktif mengurus perguruan silat Satria Muda Indonesia.

Nama Prabowo di belakang namanya sendiri disebut-sebut merupakan nama pemberian Prabowo, karena ia dianggap sebagai anak angkat.

Selain meraih gelar sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo, Edhy juga meraih gelar Magister Manajemen dari Swiss German University (SGU), Serpong (tahun 2004) dan juga gelar S-3 Ilmu Komunikasi dari Universitas Padjadjaran, Sumedang (2020).

Nama Edhy Prabowo jadi perbincangan hangat dalam beberapa jam terakhir sejak ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Bandara Soekarno-Hatta, pada Rabu dini hari, 25 November 2020.

Edhy ditangkap saat pulang dari Amerika Serikat (AS). Tak hanya Edhy Prabowo, KPK juga menangkap sejumlah anggota keluarga dari politikus Partai Gerindra itu, termasuk istrinya, Iis Rosita Dewi atau Iis Edhy Prabowo, anggota Komisi V DPR RI.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X