Soal Video Salib, UAS Tegaskan Tak Perlu Meminta Maaf

- Rabu, 21 Agustus 2019 | 18:27 WIB
(photo/ANTARA/Anom Prihantoro)
(photo/ANTARA/Anom Prihantoro)

Ustaz Abdul Somad datang ke MUI pusat untuk silaturahmi sekaligus memberikan klarifikasi soal video salib yang viral baru-baru ini. Dia menegaskan tak perlu minta maaf soal video salib karena dirinya bicara akidah Islam.

Ustaz yang akrab disapa UAS itu mengatakan, saat itu dirinya bebricara soal akidah Islam di forum tertutup yakni di internal umat.

"Bahwa kemudian ada orang yang tersinggung, apakah saya musti meminta maaf... Contoh, dalam Islam dikatakan: Sesungguhnya, maaf, sesungguhnya, maaf, memang bunyi ayatnya begitu, sesungguhnya kafir lah orang yang mengatakan Allah itu tiga dalam satu, satu dalam tiga. Saya jelaskan itu di tengah umat Islam. Otomatis orang luar yang mendengar itu tersinggung atau tidak, tersinggung, apakah perlu saya minta maaf. Udah terjawab. Karena ajaran saya," kata Somad dalam jumpa pers di Kantor MUI, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019).

"Kalau saya perlu minta maaf berarti ayat itu perlu dibuang, nauzubillah," imbuhnya.

Abdul Somad mengatakan dirinya tak mungkin mengatur satu persatu perilaku umat yang hadir dalam pengajiannya, termasuk orang yang merekam dan menyebarkan rekaman tersebut.

Bahkan dia menambahkan bahwa sangat tak mungkin bila membuat perjanjian supaya peserta yang hadir tak merekam dan menyebarkan isi kajiannya.

"Saya di mana-mana ceramah tak mungkin saya tanya orang satu persatu, matikan hp matikan. Saya di mana-mana ceramah, hp orang hidup, orang merekam, tak bisa saya larang itu karena dia mau mendapat pengajian. Tak mungkin pula saya buat perjanjian semua yang mau masuk ke sini materai enam ribu, tak boleh disebarkan. Payah kali lah ceramah sekarang ini kalau begitu," ujarnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X