The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cegah Covid-19, Pimpinan DPR Usul Pemerintah Terapkan Semi Lockdown di Akhir Pekan
Seorang warga berjalan di kawasan yang menerapkan lockdown skala mikro di Kelurahan Gandasari, Jatiuwung, Kota Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan/nz)
News

Cegah Covid-19, Pimpinan DPR Usul Pemerintah Terapkan Semi Lockdown di Akhir Pekan

Agar masyarakat tak keluar.

Selasa, 22 Juni 2021 16:31 WIB 22 Juni 2021, 16:31 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan agar pemerintah dapat menerapkan pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) atau semi lockdown. Namun, diterapkannya pada akhir pekan  lantaran roda ekonomi seperi perkantoran tutup.

“Saya usulkan juga kepada pemerintah karena Sabtu-Minggu roda perekonomian terutama perkantoran tutup, kalau bisa dilakukan pembatasan sosial berskala besar atau katakanlah semi lockdown untuk hari libur terutama,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/6/2021).

Dasco berujar penerapan semi lockdown dapat dilakukan pemerintah selama dua pekan ke depan. Dengan demikian saat akhir pekan masyarakat tidak keluar dari rumah guna menekan laju penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Minta Pemerintah Terapkan Lockdown Akhir Pekan, Fraksi PAN: Dicoba Dulu, Jangan Alergi

“Lebih baik memang, kecuali yang penting-penting. Hari libur lebih enak ada di rumah,” tegasnya.

Mengenai efektifitas dari semi lockdown di hari libur ini, Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini mengaku enggan bisa memastikan, namun alangkah baiknya langkah semacam itu bisa dilakukannya.

"Soal efektif engga efektif belum tahu. Karena lonjakan makin tinggi perlu kita ambil langkah. Kalau perlu kombinasi keduanya,” tandas Dasco.

Sebelummya diwartakan, Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra menilai pemerintah harus berani radikal dalam mengambil keputusan guna menangani pandemi Covid-19. Apalagi belakangan ini tren kasus baru kembali naik.

"Pemerintah harus berani radikal (mengambil keputusan penanganan Covid-19)," kata Hermawan dalam acara daring bertajuk 'Surat terbuka kepada Presiden RI:Prioritaskan Keselamatan Rakyat di tengah pandemi', Minggu (20/6/2021).

Menurut Hermawan ada dua opsi yang bisa diambil pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 saat ini. Dimana mengambil keputusan pembatasan sosial bersekela besar nasional atau mungkin lockdown regional.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Lanjar Wiratri
Harits Tryan Akhmad

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US