The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kemendagri Gelar Internalisasi ASN BerAKHLAK Hadapi Budaya Kerja di Era 4.0
Kemendagri Gelar Internalisasi ASN BerAKHLAK Hadapi Budaya Kerja di Era 4.0 (Istimewa)
News

Kemendagri Gelar Internalisasi ASN BerAKHLAK Hadapi Budaya Kerja di Era 4.0

Rabu, 23 Februari 2022 16:07 WIB 23 Februari 2022, 16:07 WIB

INDOZONE.ID - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus berupaya membangun Aparatur Sipil Negara (ASN) baik di lingkungan Kemendagri maupun Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) agar memegang core values BerAKHLAK. BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Upaya itu salah satunya dengan menggelar penguatan ASN bertajuk "Kemendagri BerAKHLAK: Transformasi Budaya Kerja di Era 4.0". Kegiatan ini berlangsung secara luring dan daring di Hotel Bidakara Pancoran Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu langkah roadmap budaya kerja Kemendagri untuk melakukan internalisasi nilai-nilai BerAKHLAK. 

Selain kegiatan ini, kata Suhajar, setiap bulannya Kemendagri juga akan menggelar kegiatan internalisasi nilai BerAKHLAK kepada seluruh ASN Kemendagri yang dibagi dalam 12 angkatan. Kegiatan itu bertujuan untuk memperdalam nilai-nilai BerAKHLAK. 

"Selain kegiatan-kegiatan tersebut di atas, Kemendagri juga akan menyelenggarakan workshop kepada 35 orang perwakilan seluruh unit kerja untuk merumuskan contoh perilaku kemendagri yang merupakan turunan dari setiap nilai-nilai BerAKHLAK," terang Suhajar.

Kemendagri
(Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro (Istimewa)

BACA JUGA: Soal Penambahan Kursi Wamen, Presiden Jokowi Disarankan Konsultasi ke DPR dan Masyarakat

Di lain sisi, lanjut Suhajar, sebelumnya Kemendagri juga telah menggelar beberapa kegiatan sebagai upaya mensosialisasikan budaya kerja BerAKHLAK. Agenda itu seperti melakukan kegiatan yang melibatkan eselon I yang berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri beberapa waktu lalu. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri juga telah menggelar seminar untuk menumbuhkan karakter kebangsaan yang unggul dan menanamkan nilai-nilai ASN BerAKHLAK.

"IPDN (juga) telah melakukan penguatan mental dan spiritual jati diri dan pamong praja BerAKHLAK, dihadiri seluruh praja lebih kurang 6000," tambah Suhajar.

Tak hanya itu, Kemendagri juga telah melakukan pemetaan budaya kerja BerAKHLAK terhadap 4935 ASN di lingkungan Kemendagri yang berlangsung sejak tanggal 4 hingga 18 Februari 2022 melalui virtual survei. Hingga batas akhir pengisian survei, jumlah responden yang telah mengisi sebanyak 3338 ASN.

Sebagai informasi, dalam gelaran "Kemendagri BerAKHLAK: Transformasi Budaya Kerja di Era 4.0" juga dilaksanakan penandatanganan komitmen para eselon I Kemendagri dan BNPP terkait internalisasi BerAKHLAK di setiap komponen.  Penandatanganan tersebut juga lakukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Guna memahamkan para peserta, gelaran ini juga menghadirkan dua narasumber, yakni Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Alex Denni, serta Pendiri ESQ Leadership Center Ary Ginanjar Agustian. Selain itu, Mendagri juga bertindak pembicara kunci. 

Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 12.000 orang yang tergabung dalam luring maupun daring melalui kanal Zoom Meeting. Mereka terdiri dari para ASN Kemendagri, BNPP, termasuk pemerintah daerah.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
JOIN US
JOIN US