Wagub DKI Duga Harga Pangan Naik Akibat Perang Rusia vs Ukraina

- Jumat, 4 Maret 2022 | 16:34 WIB
Ilustrasi pasar pangan. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)
Ilustrasi pasar pangan. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memprediksi konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi naiknya sejumlah bahan pangan saat ini.

"Ada Ukraina perang dengan Rusia. Kita itu mengimpor bahan gandum yang besar sekali dari Ukraina. Kita juga akan berdampak,” ucap Riza di Balai Kota DKI, Jumat (4/3/2022).

Selain faktor konflik yang terjadi pada dua negara tersebut, Riza pun menyebutkan hal lain yang mempengaruhi lonjakan harga pangan adalah tingginya kebutuhan atau permintaan, pasokan yang kurang, hingga faktor cuaca.

Baca Juga: Profil Alex Konanykhin, Pengusaha yang Siap Hadiahi Rp14 Miliar bagi Penangkap Putin

Namun, ia menilai kenaikan harga pangan menjelang bulan Ramadan merupakan hal yang wajar terjadi. Ia menyebut hal tersebut memang kerap terjadi setiap tahun jelang perayaan besar keagamaan.

“Setiap tahun ketika memasuki bulan suci ramadhan, idul fitri, natal, tahun baru memang selalu diikuti dengan adanya peningkatan harga sembako atau pangan,” terangnya.

Meski demikian, mantan Anggota DPR RI ini akan memerintahkan seluruh jajaran terkait di Pemprov DKI untuk mengupayakan sejumlah strategi agar harga komoditas tersebut bisa terjangkau warga.

“Tentu kami nanti bersama pempus mengupayakan berbagai solusi terkait dengan kebutuhan dan harga yang dapat terjangkau sesuai dengan daya beli masyarakat. Dan juga operasi pasar terus akan kita lakukan,” tandas Riza.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X