Terus Diserang Rusia, Ukraina: Bantuan dari AS Akan Datang!

- Selasa, 1 Maret 2022 | 13:01 WIB
Sebuah ambulans di Kiev, Ukraina terlihat melalui jendela rusak kendaraan yang terkena peluru, saat invasi Rusia (28/2/2022). (Jedrzej Nowicki/Agencja Wyborcza via REUTERS)
Sebuah ambulans di Kiev, Ukraina terlihat melalui jendela rusak kendaraan yang terkena peluru, saat invasi Rusia (28/2/2022). (Jedrzej Nowicki/Agencja Wyborcza via REUTERS)

Menteri Luar Negeri (Menlu) Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken telah menawarkan lebih banyak bantuan untuk negaranya melawan Rusia.

Bantuan yang diberikan AS untuk Ukraina, yang sedang diserang negara tetangganya Rusia, adalah dalam bentuk sanksi dan senjata.

"Dalam pembicaraan kami melalui telepon, Menlu Blinken menegaskan bahwa dukungan AS untuk Ukraina tetap tak tergoyahkan," kata Kuleba, seperti disadur dari Reuters, Selasas (29/2/2022).

"Saya menggarisbawahi bahwa Ukraina mendambakan perdamaian, tetapi selama kami berada di bawah serangan Rusia, kami membutuhkan lebih banyak sanksi dan senjata. Menlu (AS) meyakinkan saya akan (mendapatkan) keduanya. Kami mengoordinasikan langkah lebih lanjut," sambungnya.

Baca Juga: Di Majelis Umum PBB , Indonesia Tegaskan Situasi di Ukraina Cederai Tatanan Perdamaian

Washington telah menerapkan serangkaian sanksi bersama dengan para sekutu Barat lainnya untuk membatasi akses Rusia ke dana, investasi, atau teknologi luar negeri sebagai pembalasan atas serangannya ke Ukraina.

Amerika Serikat menarik sejumlah senjata dari stoknya untuk memasok Ukraina dengan persenjataan pada musim gugur 2021 dan lagi pada Desember 2021.

Kemudian, pada Jumat (25/2/2022), Presiden Amerika Serikat Joe Biden menginstruksikan Departemen Luar Negeri AS untuk melepaskan senjata tambahan senilai 350 juta dolar AS dari persediaan milik AS.

Namun, Washingtondengan tegas menolak permintaan Ukraina agar Barat memberlakukan zona larangan terbang untuk melindungi Ukraina dari serangan udara Rusia.

Permintaan Ukraina itu merupakan sebuah langkah yang akan membawa pasukan negara-negara Barat ke dalam konflik langsung dengan militer Rusia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X