Ustaz Khalid Basalamah Bantah Larang Nyanyi Lagu Indonesia Raya

- Kamis, 3 Juni 2021 | 14:33 WIB
Ustaz Khalid Basalamah. (YouTube/Khalid Basalamah Official)
Ustaz Khalid Basalamah. (YouTube/Khalid Basalamah Official)

Ustaz Khalid Basalamah memberikan penjelasan terkait video ceramahnya tentang larangan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Potongan video ceramah itu merupakan video yang diambil pada tahun 2017 di  masjid Jati Negara.

Ustaz Khalid mengaku bahwa dirinya saat itu mendapat pertanyaan dari salah satu jamaahnya yang saat itu merasa  anaknya dipaksa untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Jadi yang saya tangkap, dia bilang anak itu jika tidak ikut (nyanyi) dia akan dimarahi. Yang saya tangkap dia tidak mau anaknya ikut. Atau anaknya tidak mau ikut (nyanyi)," kata Ustaz Khalid dalam podcast Deddy Corbuzier.

Ustaz Khalid menegaskan bahwa saat itu ia bukan melarang untuk tidak menyanyikan lagu Indonesia Raya selamanya. Dia hanya memberi saran, jika anaknya memang tidak mau menyanyikan lagu Indonesia Raya, maka tidak perlu melakukannya.

“Jadi saya jawab, jangan ikut, atau ngga usah ikut di waktu itu pada saat anaknya enggak mau. Bukan untuk umum, karena spontanitas pertanyaan yang enggak disusun sebelumnya, maka saya langsung jawab begitu,” kata Ustaz Khalid.

Ustaz Khalid kemudian mengatakan bahwa dirinya tidak pernah memfatwa haram menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Jika ada yang tanya, hukumnya nyanyi Indonesia raya boleh ngga ustadz, trus saya bilang, ngga boleh. Nah itu poin penting. Berarti siapa pun boleh menyerang saya," ujarnya lagi.

Ustaz Khalid menilai apa yang beredar di medsos tentang dirinya terlalu dibesar-besarkan. Dia juga kaget karena video itu sampai diminta meninggalkan Indonesia. Padahal, ia lahir dan besar di Indonesia.

“Saya rasa terlalu dibesar-besarkan, karena pada saat itu kesannya ini pemahaman radikalis, anti Indonesia, apalagi sampai bilang keluar saja dari Indonesia. Dan keluar dari Indonesia ini satu hal yang luar biasa," kata Ustaz Khalid.

"Siapa orang ini yang mengusir saya dari Indonesia. Saya lahir di Indonesia, orang tua saya dari Indonesia,saya juga warga Indonesia, dari kecil saya nyanyi itu,” sambungnya.

Ustaz Khalid juga tidak membenarkan bahwa ia menganggap lagu Indonesia Raya sihir atau setan.

"Oh tidak samasekali. Itu terlalu kerdil pemikiran seperti itu ya," kata Ustaz Khalid.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X