Selain Indonesia, Jamaah asal Malaysia dan Singapura Juga Batal Berangkat Haji Tahun Ini

- Jumat, 4 Juni 2021 | 09:18 WIB
Suasana Haji tahun 2018. (REUTERS/Zohra Bensemra)
Suasana Haji tahun 2018. (REUTERS/Zohra Bensemra)

Selain Indonesia, jamaah Haji 2021 asal Singapura dan Malaysia juga batal berangkat. Sama seperti alasan Indonesia, jamaah Singapura batal berangkat Haji 2021 karena alasan pandemi COVID-19.

Sementara itu, Malaysia sendiri batal berangkat Haji 2021 karena negara tersebut sedang lockdown buntut kasus COVID-19 yang masih tinggi.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan bahwa pemerintah tidak memberangkatkan jamaah haji Indonesia 1442 H/2021 M dengan alasan COVID-19 yang masih melanda di seluruh dunia.

“Karena masih pandemi dan demi keselamatan jemaah, Pemerintah memutuskan bahwa tahun ini tidak memberangkatkan kembali jemaah haji Indonesia,” tegas Menag dalam telekonferensi dengan media di Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Dia menekankan keputusan untuk tidak memberangkatkan jamaah dikarenakan sudah melakukan kajian secara mendalam. Menag juga sudah melakukan pembahasan dengan Komisi VIII DPR pada 2 Juni 2021. 

Mencermati keselamatan jemaah haji, aspek teknis persiapan, dan kebijakan yang diambil oleh otoritas pemerintah Arab Saudi, Komisi VIII DPR dalam simpulan raker tersebut juga menyampaikan menghormati keputusan yang akan diambil Pemerintah. 

"Komisi VIII DPR dan Kemenag, bersama stake holder lainnya akan bersinergi untuk melakukan sosialisasi dan komunikasi publik yang baik dan masif mengenai kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1442 H/2021 M," ucap Menag.

Berdasarakan akun Twitter resmi Kementerian Arab Saudi, ada 11 negara yang diizinkan masuk Arab Saudi yaitu:

1. Amerika Serikat
2. Inggris
3. Irlandia
4. Italia
5. Jepang
6. Jerman
7. Prancis
8. Portugal
9. Swedia
10. Swiss
11. Uni Emirat Arab

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X