Australia Laporkan Kasus Kematian Pertama akibat Omicron

- Senin, 27 Desember 2021 | 15:29 WIB
Ilustrasi Omicron (REUTERS/Dado Ruvic)
Ilustrasi Omicron (REUTERS/Dado Ruvic)

Australia melaporkan kasus  kematian pertama akibat varian baru Covid-19, Omicron. Hal ini terjadi di tengah lonjakan jumlah kasus positif corona harian di negara tersebut.

Korban jiwa akibat Omicron adalah seorang pria lanjut usia (lansia) berusia 80 tahun. Dia pun diketahui memiliki komorbid alias penyakit bawaaan.

"Ini adalah kematian pertama terkait varian Omicron," kata ahli epidemiologi Negara bagian New South Wales (NSW) Christine Selvey dikutip dari Reuters, Senin (27/12/2021).

Hanya saja, tak dijelaskan lebih rinci terkait kasus kematian pertama akibat Omicron ini. Meskipun, selama ini varian baru tersebut disebut memiliki dampak yang lebih ringan namun lebih menular ketimbang Varian Delta. 

Kematian pria lansia tersebut diumumkan pada Minggu (26/12/2021). Hari itu, otoritas berwenang mengumumkan enam kasus kematian di Australia.

Australia mulai mengurangi pembatasan di sebagian besar perbatasan domestik, dan menghapus kewajiban karantina bagi warganya yang kembali dari perjalanan luar negeri. Namun, kebijakan pelonggaran ini justru menimbulkan lonjakan kasus Covid-19 di negara tersebut.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X