The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ketua DPR Harap Pansel KPU dan Bawaslu Pilih Calon Terbaik ke DPR
Ketua DPR Puan Maharani. (dok. DPR)
News

Ketua DPR Harap Pansel KPU dan Bawaslu Pilih Calon Terbaik ke DPR

Kamis, 14 Oktober 2021 07:59 WIB 14 Oktober 2021, 07:59 WIB

INDOZONE.ID - Ketua DPR RI Puan Maharani menyambut baik langkah Presiden yang telah membentuk Panitia Seleksi (Pansel) calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan calon Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) 2022-2027.

Namun Puan berharap Pansel calon Anggota KPU dan Bawaslu ini bisa meloloskan putra-putri terbaik bangsa untuk mendaftar menjadi calon penyelenggara pemilu.

“Supaya nama-nama calon anggota KPU dan Bawaslu yang dikirim Presiden untuk fit and proper test di DPR nantinya juga yang terbaik, dan pada akhirnya DPR akan memilih yang terbaik dari terbaik, best of the best, untuk menyelenggarakan pemilu,” ungkap Puan, Kamis (14/10/2021).

Menurut Puan, penyelenggaraan pemilu harus berjalan dengan baik demi terjaminnya hak konstitusional warga untuk memilih dan dipilih dalam pesta demokrasi.

Baca juga: Ganjar Pranowo Ingatkan Warga Disiplin Prokes untuk Cegah Gelombang Ketiga COVID-19

Dia menambahkan, penyelenggaraan pemilu yang baik, salah satu faktornya adalah penyelenggara pemilu yang cakap, kredibel, berintegritas dan independen.

“Oleh karenanya penyelenggaraan pemilu yang baik harus dimulai dari seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu yang transparan dan akuntabel oleh Pansel,” tegas Puan.

Disisi lain, Politikus PDIP ini memandang komposisi Pansel KPU dan Bawaslu yang dibentuk Presiden sudah memenuhi unsur pemerintah, akademisi dan masyarakat, serta keterwakilan perempuan, sebagaimana diamanatkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Mari kita sama-sama dukung dan awasi bersama kinerja Pansel KPU dan Bawaslu agar bisa bekerja dengan baik untuk publik,” tutup Puan.

Diketahui sebelumnya Presiden Jokowi menetapkan 11 orang Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027. Penunjukan telah diresmikan lewat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 120/P Tahun 2021.

Sementara daftar 11 anggota Tim Seleksi tersebut di antaranya, yakni Juri Ardiantoro menjabat sebagai Ketua Merangkap Anggota Timsel, Chandra M Hamzah sebagai Wakil Ketua Merangkap Anggota, dan Bahtiar sebagai Sekretaris Merangkap Anggota.

Sementara 8 anggota lainnya, yakni Edward Omar Sharif Hiariej, Airlangga Pribadi Kusman, Hamdi Muluk, Endang Sulastri, I Dewa Gede Palguna, Abdul Ghaffar Rozin, Betti Alisjahbana, dan Poengky Indarty.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Fitri
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US