Wapres Dorong Wisata di Papua Ramah Terhadap Wisatawan Muslim

- Senin, 28 Juni 2021 | 18:04 WIB
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (photo/Instagram/@kyai_marufamin)
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (photo/Instagram/@kyai_marufamin)

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendukung tempat wisata di Provinsi Papua ramah terhadap wisatawan beragama Islam. Ramah yang dimaksud adalah menyediakan fasilitas seperti mushalla dan makanan halal.

"Saya ingin mendorong agar destinasi wisata menyediakan fasilitas bagi para pelancong muslim agar merasa nyaman dan betah, seperti tempat shalat dan makanan atau restoran halal," kata Wapres Ma’ruf pada acara Raja Ampat E-Festival 2021 "Voyage to Digital Community" secara daring dari kediaman resmi wapres di Jakarta, Senin.

Dengan begitu, diharapkan terjadi kenaikan jumlah turis baik dari domestik maupun luar negeri.

Selain itu, Wapres juga mengingatkan agar para pelaku usaha pariwisata di Papua dapat mengembangkan sentra wisata dan kuliner yang mengutamakan keunggulan dan ciri khas Papua dan Papua Barat.

"Siapkan pula sentra-sentra kuliner dengan konsep desain yang kekinian, namun tetap menunjukkan ciri khas budaya Papua, serta memenuhi standar protokol kesehatan," tutur-nya.

Wapres juga berharap Program Pemerintah untuk mendorong liburan di dalam negeri dapat ikut mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi dengan melibatkan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) daerah.

"Para pelaku usaha agar menyiapkan produk-produk UMKM, seperti suvenir khas Papua yang berkualitas serta sesuai dengan minat pasar," tukas-nya.

Wapres meminta seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat jika mengunjungi tempat wisata di tengah pandemik COVID-19.

"Saya mengajak kita semua untuk berwisata ke Raja Ampat yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya. Berwisatalah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan," ujarnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X